PEMBINAAN KOMPETENSI GURU MADRASAH TSANAWIYAH (StudiKualitatifpada Madrasah TsanawiyahBerbasisPesantren diProvinsi Lampung)

Makhrusah, Siti (2018) PEMBINAAN KOMPETENSI GURU MADRASAH TSANAWIYAH (StudiKualitatifpada Madrasah TsanawiyahBerbasisPesantren diProvinsi Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER.docx] PDF
Download (58kB)
[thumbnail of ABSTRAK BAHASA ARAB.docx] PDF
Download (18kB)
[thumbnail of ABSTRAK BAHASA INGGRIS.docx] PDF
Download (16kB)
[thumbnail of ABSTRAK BHS INDONESIA.docx] PDF
Download (27kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI TERBUKA.docx] PDF
Download (36kB)
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.docx] PDF
Download (17kB)
[thumbnail of MOTTO.docx] PDF
Download (17kB)
[thumbnail of PERNYATAAN ORISINALITAS.docx] PDF
Download (19kB)
[thumbnail of PERSEMBAHAN.docx] PDF
Download (16kB)
[thumbnail of PERSETUJUAN KOMISI PROMOTOR.docx] PDF
Download (24kB)
[thumbnail of BIOGRAFI.docx] PDF
Download (13kB)
[thumbnail of BAB I TERBUKA.docx] PDF
Download (164kB)
[thumbnail of BAB II TERBUKA.docx] PDF
Download (344kB)
[thumbnail of BAB III TERBUKA.docx] PDF
Download (51kB)
[thumbnail of BAB IV TERBUKA.docx] PDF
Download (703kB)
[thumbnail of BAB V TERBUKA.docx] PDF
Download (22kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA TERBUKA.docx] PDF
Download (38kB)

Abstract

Pembinaan merupakan suatu kegiatan dalam prosesupaya peningkatanpengetahuan, keterampilan, keahlian, sikapdankepribadianuntuklebihmampumenampilkankinerjasecara professional dan kompeten. Kompetensi guru pada madrasah Tsanawiyah berbasis pesantren merupakan potensi sumberdaya yang sangat penting sebagai upaya dalam rangkameningkatkan kualitas madrasah Tsanawiyah dalam menghadapi persaingan global. Madrasah Tsanawiyah berbasis pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai agama Islam lengkap dengan norma-norma dan kebiasaan-kebiasaannya mampu mempertahankan kemurnian identitas asli sebagai tempat mendalami ilmu-ilmu agama(Tafaqquh Fi Al-din). FokuspenelitianadalahPembinaanKompetensi Guru Madrasah TsanawiyahBerbasisPesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisispembinaankompetensipedagogikguru Madrasah Tsanawiyahberbasispesantren, mengetahuidanmenganalisispembinaankompetensikepribadianguru Madrasah Tsanawiyahberbasispesantren, mengetahuidanmenganalisispembinaankompetensisosial guru Madrasah Tsanawiyahberbasispesantren, mengetahuidanmenganalisispembinaankompetensiprofesionalguru Madrasah Tsanawiyahberbasispesantren. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif kualitatif. Prosedurpengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, danstudidokumentasi.Sumber Data terdiri dari Pengawas, Kepala Madrasah,PimpinanPesantren (kiayi) danGuru. Teknik analisa data melalui langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.Teknik pemeriksaan keabsahan data didasarkan pada empat kriteria yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas ,konfirmabilitas. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembinaankompetensipedagogik, kompetensikepribadian, kompetensisosialdankompetensi professional dilaksanakandenganmelalui empathalsebagaiberikut:Satu,peningkatankualifikasiakademikguru,Dua,pembinaanmelaluiprogram sertifikasiTigapembinaanmelaluipelatihanterintegrasi, EmpatpembinaanmelaluisupervisiHasilpembinaankeempatKompetensi guru yaitukompetensipedagogik, kompetensikepribadian, kompetensisosialdankompetensi professional padaempat Madrasah Tsanawiyahtelahmengalamipeningkatandengansignifikan melalui pengembangan skill dan penegetahuan. Temuanessensialpolapembinaankompetensi guru telahdilakukandenganbaik, namunbelummelakukanpola pembinaandengan menggunakan manajemen modern dalam mengembangkan skill dan pengetahuan. Pola pengembangan pembinaan dengan Penggabungan teori menurut Clutterbuck dan teori pengembangan pelatihan oleh Thomas Lickona dan dilengkapi dengan nilai-nilai religius sebagai langkah untuk Pembinaan kompetensi guru dilakukan secara menyeluruh dan terpadu(development and skill of religius value)Manajemen pembinaannya menyentuh pada hal substantif yang mendorong guru terus berfikir kritis dan mengembangkan pola pikir kelas tinggi. Padahalberfikirkelastinggi(higher-order thinking skills) inimenjadisangatpenting agar guru dapatmelakukananalisa, melakukan problem solving, danberfikirsecarakritis (critical thinking)sehingga diperlukan terobosan untuk mencari alternatif konsep untuk meningkatkan kompetensi gurunya. KonsepalternatifPembinaanTerintegrasikompetensi guru yaitupembinaandenganmenggunakan manajemen modern dan menerapkan nilai-nilaireligius yang didasarkan pada sunnah Rasulullah SAW dantradisi para salafussolihdalammembinaummatnya. Sunnahdantradisi para Salaf Al-ShalihituberdasarkanpadapesanIlahiyyahsebagaimanadalamkitabullah, yakni:Ikhlas, UswatunHasanah, Bil-hikmah, MauidzohhasanahdanMujadalah, konsep alternatif dengan nama(Mega Of Integrated Development Models).

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:35
Last Modified: 15 Oct 2018 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item View Item