PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII A MADRASAH MATHLAUL ANWAR KECAPI PADANG CERMIN

Hasanah, Mairina Uswatun (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII A MADRASAH MATHLAUL ANWAR KECAPI PADANG CERMIN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover tesis may 1.docx] PDF
Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran.docx] PDF
Download (20kB)
[thumbnail of KARTU KONSULTASI.docx] PDF
Download (17kB)
[thumbnail of BAB I.docx] PDF
Download (47kB)
[thumbnail of BAB II.docx] PDF
Download (71kB)
[thumbnail of BAB III.docx] PDF
Download (28kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] PDF
Download (149kB)
[thumbnail of BAB V.docx] PDF
Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Bagaimana metode yang digunakan guru dalam memberikan Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII madrasah mathlaul anwar kecapi padang cermin pesawaran. (2) Bagaimana metode yang digunakan guru dalam PembinaanAkhlak pada siswa kelas VIII madrasah mathlaul anwar kecapi padang cermin pesawaran (3) Bagaimana evaluasi yang digunakan guru dalam Pendidikan Agama Islam dan pembinaan akhlak pada siswa kelas VIII madrasah mathlaul anwar kecapi padang cermin pesawaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan, memo dan dokumen resmi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan kepercayaan, pemeriksaan keteralihan dan pemeriksaan ketergantungan. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode Yang digunakan Guru dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII madrasah mathlaul anwar kecapi padang cermin pesawarantidaklah jauh berbeda dengan sekolah-sekolah lain. Yang mana metode yang di gunakan adalah menggunakan metode bercerita atau ceramah, bernyanyi, resitasi, praktek langsung dan jugaberkelompok. (2) Metode Guru dalam Pembinaan Akhlak pada siswa kelas VIII madrasah mathlaul anwar kecapi padang cermin pesawaran.AdalahSetiap pagi diadakan apersepsi dilapangan maupun di kelas. Kemudian melalui proses pembiasaan. keteladanan, (dalam lingkungan sekolah), metode nasehat, bercerita, bernyanyi, sirah (kisah-kisah para Nabi), dan metode pembiasaan. Pada waktu pembelajaran guru terkadang memotong pembelajaran untuk memperbaiki sikap anak jika diperlukan. Karna dalam pandangan Guru di Madrasah Mathlaul anwar kecapi ini sikap anak lebih utama daripada nilai pelajaran. (3) Evaluasi yang Dibuat Guru dalam Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak pada siswa kelas VIII madrasah mathlaul anwar kecapi padang cermin pesawaran.dalam bentuk laporan informasi dan bentuk instrumen. Sedangkan dalam evaluasi pembinaan akhlak, dengan melihat laporan kegitan anak yang berhubugan dengan infak, shalat, sedekah. Dan juga melihat Laporan Perkembangan Sikap dan Perilaku Siswa dan juga Bintang Ibadah dan Prestasinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:47
Last Modified: 17 Oct 2018 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item View Item