PEMBAGIAN HARTA WARIS PADA MASYARAKAT ISLAM ADAT LAMPUNG PEPADUN ABUNG SIWO MIGO MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara )

Mirza Yanwar, yan (2020) PEMBAGIAN HARTA WARIS PADA MASYARAKAT ISLAM ADAT LAMPUNG PEPADUN ABUNG SIWO MIGO MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara ). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB V.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[thumbnail of BAB IV..docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of BAB III..docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[thumbnail of BAB II.docx] HTML
Download (113kB)
[thumbnail of BAB I.docx] HTML
Download (108kB)
[thumbnail of halaman DAFTAR PUSTAKA.docx] HTML
Download (30kB)
[thumbnail of COVER.docx] HTML
Download (38kB)
[thumbnail of halaman DAFTAR PUSTAKA.docx] HTML
Download (30kB)

Abstract

Dalam peraktik pembagian harta waris pada masyarakat Islam adat Lampung Pepadun Abung Siwo Migo di Kecamatan Kotabumi, terdapat asas yang berbeda antara hukum Islam dan hukum adat. Dalam hukum Islam menganut asas kematian, sehingga harta peninggalan baru dapat diwariskan ketika pewaris telah meninggal dunia. Sedangkan dalam hukum adat menganut asas keturunan. Sehingga pembagian harta waris dapat dilakukan meskipun si pewaris masih hidup. Masyarakat tersebut dalam hukum kewarisan juga menganut sistem kewarisan patrilineal, Yaitu sistem kewarisan di mana anak laki-laki tertua berhak atas seluruh harta peninggalan dan sebagai penerus keturunan mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana masyarakat adat Lampung Pepadun Abung Siwo Migo di Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, dalam menyelesaikan pembagian waris ? 2. Mengapa Masyarakat adat Lampung Pepadun Abung Siwo Migo di Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara mayoritas masih menggunakan Hukum Adat dalam pembagian harta waris dari pada Hukum Islam ? 3. Bagaimana perspektif Hukum Islam terhadap pembagian waris adat Lampung Pepadun Abung Siwo Migo di Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang mencari data secara langsung ke daerah yang menjadi obyek penelitian untuk mengetahui lebih jelas dan valid. Sifat penelitian ini adalah deskriptif yaitu bentuk penelitan yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena bantuan manusia. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian maka metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah Metode Interview, Observasi dan Dokeumentasi. Teori yang digunakan adalah Teori ‘Urf , penulis bermaksud untuk menganalisa proses dan prinsip pembagian waris pada masyarakat Islam adat Lampung Pepadun Abung Siwo Migo Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan prinsi-prinsip yang ada dalam Syariat agama Islam. Sistem Pembagian Harta waris yang berlaku dan dipakai di Adat Lampung Pepadun Abung Siwo Migo (kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara ) adalah sistem kewarisan adat, yaitu adat istiadat yang telah ditanamkan para leluhur mereka terdahulu, sebagai bentuk upaya melestarikan tradisi leluhur. Berdasarkan Perspektif Hukum Islam Sistem dan Prakrik Pembagian Harta Waris Pada Masyarakat tersebut bila dilihat dari segi hukum islam tidak sesuai dengan fara’id. Namun berdasarkan ‘Urf (kebiasaan) itu dapat dijadikan sebuah hukum yang dan berdasarkan Tashaluh hal ini dibolehkan selagi masih sesuai dengan tujuan pembentukan hukum Islam yaitu terwujudnya kemaslahatan ummat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:02
Last Modified: 20 Nov 2020 02:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12353

Actions (login required)

View Item View Item