PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMP PGRI 6 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Ratih Tresna Dewi, Dew (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMP PGRI 6 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover.docx] HTML
Download (49kB)
[thumbnail of BAB I.docx] HTML
Download (34kB)
[thumbnail of BAB II.docx] HTML
Download (123kB)
[thumbnail of bab 3.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] HTML
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin dipahami sebagai perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan, seperti misalnya disiplin dalam kelas atau disiplin sebuah tim bola basket yang baik. Disiplin merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkai perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan,keteraturan dan ketertiban. prestasi adalah hasil yang telah dicapai berdasarkan apa yang telah dilakukan dan dikerjakan menurut kemampuan masing-masing setelah menguraikan pengertian tentang prestasi, maka penulis akan menguraikan tentang belajar. Belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif. Pendidikan agama islam adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membentuk manusia agamis dengan menanamkan aqidah keimanan, amaliah, dan budi pekerti atau akhlak yang terpuji untuk menjadi manusia yang taqwa kepada Allah SWT. Di SMP PGRI 6 Sukarame masih banyak siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan rendah dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besarkah pengaruh Kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP PGRI 6 Sukarame? Untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh Kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP PGRI 6 Sukarame. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah diharapkan dapat berguna bagi guru dalam melaksanakan Pendidikan Agama Islam dalam rangka membina kedisiplinan siswa swbagai wujud nyata dalam mengamalkan nilai-nilai ajaran islam dalam kehidupan siswa sehari-hari. Adapun hipotesis yang penulis kemukakan adalah 1) Ho : βi = 0 tidak ada pengaruh positif antara kedisiplinan siswa dan prestasi belajar siswa. 2) Ha : βi > 0 terdapat pengaruh positif antara kedisiplinan siswa dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini hendak menguji pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 6 Sukarame. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 32 siswa, pengumpulan data variabel menggunakan metode kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam adalah 0,072 atau 7,2% yang berarti prestasi belajar PAI di SMP PGRI Sukarame Bandar Lampung dipengaruhi kedisiplinan siswa hanya sebesar 7,2% sedangkan sisanya 92,80% lebih banyak dipengaruhi faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Nilai Signifikansi (0,139 > 0,05) maka Ha ditolak, artinya bahwa tidak ada hubungan secara signifikan antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar PAI di SMP PGRI 6 Sukarame Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel kedisplinan siswa terhadap prestasi Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 6 Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:12
Last Modified: 27 Aug 2020 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11623

Actions (login required)

View Item View Item