ANGGARA, DWI (2018) PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 1 WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (73kB) |
|
PDF
Download (36kB) |
|
PDF
Download (31kB) |
|
PDF
Download (31kB) |
|
PDF
Download (30kB) |
|
PDF
Download (34kB) |
|
PDF
Download (29kB) |
|
PDF
Download (22kB) |
|
PDF
Download (174kB) |
|
PDF
Download (142kB) |
|
PDF
Download (87kB) |
|
PDF
Download (257kB) |
|
PDF
Download (35kB) |
|
PDF
Download (21kB) |
|
PDF
Download (49kB) |
|
PDF
Download (56kB) |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan yang dihadapi peserta didik di SMPN 1 Wonosobo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan dalam proses belajar mengajar kemampuan peserta didik untuk bertanya atau meminta bantuan dari guru masih kurang. Dilihat dari keadaan di atas maka dapat diketahui bahwa model yang digunakan masih kurang baik sehingga aktivitas guru lebih banyak dari pada aktivitas peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan selama ini adalah model pembelajaran yang didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah melalui penerapan pembelajaran cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik di SMP N I Wonosobo Kabupaten Tanggamus?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B SMP N I Wonosobo Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dianalisis secara kualitatif di mana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian dengan menggunakan metode catatan lapangan sebagai metode pokok, yang kemudian metode observasi, tes, interview (wawancara) dan dokumentasi sebagai metode penunjang dalam penelitian. Dalam penelitian tiandakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan target persentase 80%. Pelaksanaan penelitian ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Kooperative tipe Think Pair Share (TPS), ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar, sebelum penerapan nilai tes hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM adalah 45% kemudian yang tidak mencapai KKM adalah 55%. Kemudian setelah menggunakan pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS dapat diketahui nilai rata-rata tes hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata-rata test hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hanya 68.2% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 31.8 %. Kemudian pada siklus kedua tes hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 81.8%, yang tidak tuntas sebanyak 18.2 %. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperative Tipe Think Pair Share yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMPN 1 Wonosobo Kabupaten Tanggamus TP 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 03:36 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 03:36 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4908 |
Actions (login required)
View Item |