PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA MAN 2 BANDAR LAMPUNG POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR

HIDAYAH, ANANTO (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA MAN 2 BANDAR LAMPUNG POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (74MB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses belajar merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran dan memecahkan masalah, baik di dalam proses belajar itu sendiri maupun dalam lingkungan keseharian. Keterampilan proses belajar menjadi landasan untuk berpikir dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Siswa dikatakan memahami bila mereka dapat mengkonstruksi makna dari pesan-pesan pembelajaran, baik yang bersifat lisan, tulisan ataupun grafis, yang disampaikan melalui pengajaran, buku, atau layar komputer. Untuk memiliki kemampuan tersebut peserta didik perlu adanya latihan, maka dari itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti hal tersebut. Salah satu cara yang dapat melatih keterampilan proses belajar adalah dengan menggunakan model POE (Predict-Observe-Explain). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model POE terhadap keterampilan proses belajar peserta didik. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain control group design. Populasi pada penelitian berjumlah 193 peserta didik kelas XI (MIA) MAN 2 Bandar Lampung. Dengan sampel kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Untuk mengukur keterampilan proses belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah 10. Dan untuk mengetahui keterlaksanaan model POE serta keteralaksanaan keterampilan proses belajar di lakukan observasi. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui, ada atau tidaknya pengaruh model POE terhadap keterampilan proses belajar peserta didik, setelah dianalisis dengan menggunkan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 7,209 > 1,992. Hal ini menunjukkan bahwa model POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:49
Last Modified: 09 Jul 2018 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item