Relia, Afifah (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTU LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (69MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman terhadap konsep merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran dan memecahkan masalah, baik di dalam proses belajar itu sendiri maupun dalam lingkungan keseharian. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih kurang. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu Guided Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Guided discovery berbantu laboratorium virtual terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Momentum dan Impuls kelas X di SMA N 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari soal pemahaman konsep, dan dokumentasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data uji Independent t-test diperoleh nilai sig 0,038 < 0,05 dan H1 diterima, hal ini berarti pembelajaran guided discovery berbantu laboratorium virtual berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Siswa pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Guided discovery berbantu laboratorium virtual lebih aktif dan mudah dalam memahami konsep dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci : Guided Discovery, Pemahaman konsep, Momentum dan Impuls
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 01:47 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 01:47 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2567 |
Actions (login required)
View Item |