PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TENGAH WABAH COVID 19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Brand Pakaian Cordy)

ANGGUN, FAJARIA SPA (2022) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TENGAH WABAH COVID 19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Brand Pakaian Cordy). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penyebaran covid-19 yang cepat memang merubah interaksi antara bisnis dan pelanggan. Banyak bisnis mulai merasa penurunan penjualan yang drastis atau bahkan tidak memiliki pelanggan sama sekali karena pelanggan sudah mulai beraktivitas di rumah mereka masing-masing. Tetapi, keberlanjutan bisnis harus tetap dilakukan agar bisnis dapat dipertahankan. Mempertahankan bisnis yang berarti juga memperjuangkan penjualan selama wabah Virus Corona memang tidak mudah.Pandemi Covid-19 membuat pemerintah menerapkan kewajiban pembatasan aktivitas.Meski Covid-19 melumpuhkan aktivitas fisik, di sisi lain, ini juga membuat penjualan online meningkat tajam. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan cara menciptakan merek (brand), dimana dengan adanya merek yang kuat pada suatu produk maka akan membentuk landasan merek yang positif dan mampu mengembangkan keberadaan merek dalam waktu yang lama.Penelitian ini merupakan penelitian ekonomi Islam menggunakan pendekatandiskriptif kuantitatif, yaitu mengamati konsumen produk Fashion merek Cordy dalam kondisi pandemic Covid 19. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian di tengah wabah Covid 19 Dalam Persepektif Ekonomi Islam (Study Kasus Pada Brand PakaianCordy).” Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.Sumber data berupa data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 95 konsumen Busana Cordy dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebesar 95 konsumen. Proses analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji T dan koefisien dterminan dengan Brand Image sebagai variabel independen (X) dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Bramd Image berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Cordy.Brand Image berpengaruh 26,3 % terhadap keputusan pembelian Produk Cordy, sedangkan 72,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Taraf signifikansi dari penelitian ini <0,05 (0,000<0,05) diketahui bahwa H1 diterima dan Ho ditolak.. Perilaku konsumen dalam ekonomi Islam berbeda dengan perilaku konsumen konvensional. Seorang muslim dalam penggunaan penghasilannya memiliki 2 sisi, yaitu pertama untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya dan sebagian lagi untuk dibelanjakan di jalan Allah. Batasan konsumsi dalam Islam tidak hanya memperhatikan aspek halal-haram saja tetapi termasuk pula yang baik, larangan ishraf dan bermegah megahan. Kata kunci: Brand Image ,Keputusan Pembelian, Perspektif Ekonomi Islam iv ABSTRACT The rapid spread of covid-19 has indeed changed the interaction between businesses and customers. Many businesses have begun to feel a drastic drop in sales or even have no customers at all because customers have started activities in their respective homes. However, business continuity must still be done so that the business can be sustained. Maintaining a business which means fighting for sales during the Corona Virus outbreak is not easy. The Covid-19 pandemic made the government impose an obligation to limit activities. Although Covid-19 cripples physical activity, on the other hand, it also makes online sales increase sharply. One way to make this happen is by creating a brand, where with a strong brand on a product it will form a positive brand foundation and be able to develop a brand existence for a long time. This research is an Islamic economic research using a quantitative descriptive approach, which is observing consumers of Cordy Fashion products in the Covid 19 pandemic. On the Cordy Brand Clothing). " This research uses quantitative methods. The data sources are primary and secondary data. Data collection techniques consisted of observation, interviews and questionnaires. The population in this study were 95 consumers of Cordy Clothing and the sample used in the study was 95 consumers. The process of data analysis uses simple linear regression analysis, T test and the coefficient of difference with Brand Image as the independent variable (X) and purchasing decisions as the dependent variable (Y). Based on the results of the study, it shows that Brand Image has an effect on purchasing decisions of Cordy products. Brand Image has an effect of 26.3% on purchasing decisions of Cordy Products, while 72.7% is influenced by other variables not examined in this study. The significance level of this study is <0.05 (0.000 <0.05). It is known that H1 is accepted and Ho is rejected. Consumer behavior in Islamic economics is different from conventional consumer behavior. A Muslim in the use of his income has 2 sides, namely first to meet the needs of himself and his family and partly to be spent in the way of Allah. Limitation of consumption in Islam does not only pay attention to the halal-haram aspects but also includes the good, the prohibition of ishraf and boasting. Keywords: Brand Image, Purchase Decision, Islamic Economic Perspective

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:19
Last Modified: 02 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17949

Actions (login required)

View Item View Item