Faktor-faktor keberhasilan usaha rumah makan dan dua saudara Bandar Lampung dalam persepektif ekonomi Syari'ah

Agusta, Silvia (2017) Faktor-faktor keberhasilan usaha rumah makan dan dua saudara Bandar Lampung dalam persepektif ekonomi Syari'ah. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (484kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (934kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (425kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (26MB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (370kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (158kB) | Preview

Abstract

Bisnis merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam mutu usaha itu sendiri. Sektor informal sendiri dari unit-unit usaha berskala kecil yang menghasilkan dan mendistribusikan barang dan jasa,dengan tujuan pokok menciptakan kesempatan kerja dan pendapatan bagi dirinya. Dalam bisnis banyak faktor yang harus diperhatikan agar usaha bisnis dapat berjalan dengan baik dan tentunya untuk pembangunan dalam jumlah atau mutu itu sendiri. Faktor yang perlu diperhatikan, yaitu faktor produk,lokasi,harga,pelayanan, promosi adalah hal yang tak terpisahkan dalam bisnis.Ukuran keberhasilan suatu usaha dalam menerapkan strategi pemasaran dengan jalan memberikan kesempatan kepuasan kepada pelanggan. Adapun rumusan masalah dalam tesis ini adalah 1. kualitas produk makanan dan harga yang ditawarkan rumah makan Begadang dan Dua saudara, 2. lokasi, promosi dan pelayanan rumah makan Begadang dan Dua Saudara, 3. produk makana, harga, promosi dan pelayanan yang diberikan rumah makan Begadang dan Dua Saudara dalam perspektif ekonomi Syari’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan, promosi, lokasi mempengaruhi keberhasilan usaha rumah makan menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu suatu penelitian yang setelah memaparkan dan melaporkan suatu keadaan, objek, gejala, kebiasaan, prilaku, tertentu kemudian dianalisis lebih kritis. Adapun penelitian ini berjenis lapangan (field research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Dalam menghimpun dari lokasi penelitian , digunakan beberapa metode yaitu metode observasi, interview, kuesioner, dan dokumentasi Hasil penelitaian ini ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha rumah makan Begadang dan dua Saudara adalah produk makanan yang berkualitas, harga yang wajar, lokasi yang strategis dekat dengan jalan raya pelayanan yang baik dan ramah, strategi promosi yang dilakukan sesuai dengan produk makanan. Dapat disimpulkan bahwa faktor produk, harga, lokasi, pelayanan, promosi mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan usaha rumah makan, dan faktor lokasi, faktor harga merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan usaha. Dalam perspektif ekonomi syari’ah produk dan harga yang yang ditawarkan tidak mengambil keuntungan yang besar dan produk makanan juga berkualitas, lokasi yang sangat stategis dekat dengan jalan raya memudahkan pelanggan, pelayanan yang nyaman dan baik, serta promosi yang sesuai dengan produk makanan dan tidak ada manipulasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:13
Last Modified: 27 Oct 2017 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item