ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA

Dian, Forte Azzahra (2024) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DIAN FORTE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMP N 4 Pringsewu dalam menyelesaikan soal kontekstual materi statistika. Dalam penelitian ini diambil 6 subyek sebagai subyek wawancara yang merupakan perwakilan dari 3 kelompok, yaitu kelompok atas, kelompok tengah, dan kelompok bawah yang ditentukan berdasarkan hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan representasi visual matematis siswa berada pada kategori sangat rendah untuk kelompok tingkat bawah, sedang untuk kelompok tingkat tengah, dan tinggi untuk kelompok tingkat atas.Kemampuan representasi simbol matematis siswa menunjukkan kategori rendah untuk kelompok tingkat bawah, sedang untuk kelompok tingkat tengah, dan sangat tinggi untuk kelompok tingkat atas. Kemampuan representasi verbal matematis siswa berada pada kategori sangat rendah untuk kelompok tingkat bawah, tinggi untuk kelompok tingkat tengah, dan tinggi untuk kelompok tingkat atas.Secara keseluruhan, kemampuan representasi matematis siswa SMP N 4 Pringsewu menunjukkan bahwa kemampuan representasi verbal dan simbol matematis adalah yang tertinggi, sedangkan kemampuan representasi visual matematis adalah yang terendah. Kata Kunci : Representasi Matematis, Soal Kontekstual, Statistika. iv ABSTRACT This research aims to examine the mathematical representation abilities of students at SMP N 4 Pringsewu in solving contextual problems related to statistics. Six students were selected as interview subjects, representing three groups: high, middle, and low-performing students, determined based on test results. The research findings indicate that the students' ability to visually represent mathematical concepts is very low for the low-performing group, moderate for the middle-performing group, and high for the high-performing group. In terms of symbolic mathematical representation, the ability is low for the low-performing group, moderate for the middle-performing group, and very high for the high-performing group. The verbal mathematical representation ability is very low for the low-performing group, high for the middle-performing group, and high for the high�performing group. Overall, the mathematical representation abilities of students at SMP N 4 Pringsewu show that verbal and symbolic representation skills are the highest, while visual representation skills are the lowest. Keywords : Mathematical Representation, Contextual Problems, Statistics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:38
Last Modified: 12 Aug 2024 05:08
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34597

Actions (login required)

View Item View Item