Akbar, Rofiq Faudy (2018) STUDI PERILAKU GURU (Analisis Faktor-faktor Komitmen Organisasional dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru Madrasah Swasta di Jawa Tengah. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF (COVER)
Download (24kB) | Preview |
Preview |
PDF (ABSTRAK)
Download (43kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (36kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (39kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (21kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (15kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (13kB) | Preview |
Preview |
PDF (1)
Download (163kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (492kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (226kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (657kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (46kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (81kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang; 1). Pengaruh first order construct faktor personal, organisasional, non-organisasional, dan faktor sosial terhadap second order construct komitmen organisasional para guru. 2). Pengaruh first order construct faktor personal, organisasional, non-organisasional, dan faktor sosial terhadap third order construct kinerja para guru. 3). Apakah variabel faktor pada first order construct merupakan dimensi pembentuk second order construct dan second order construct merupakan dimensi pembentuk third order construct. 4). Apakah komitmen organisasional secara parsial dapat mempengaruhi kinerja para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey lapangan. Populasi penelitian adalah seluruh guru madrasah swasta di Jawa Tengah. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik random sampling. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik first order confirmatory factor analysis, second order confirmatory factor analysis, dan third order confirmatory factor analysis pada software PLSSEM. Hasil penelitian yang didapatkan antara lain; Pertama, terdapat pengaruh faktor personal, organisasional, non-organisasional, dan sosial secara parsial terhadap komitmen organisasional. Kedua, hasil analisis ini menunjukkan bahwa faktor personal, organisasional, non-organisasional, dan sosial secara parsial dapat mempengaruhi kinerja. Ketiga, uji analisis faktor konfirmatori orde ketiga (third order confirmatory analysis) menunjukkan bahwa tidak semua persamaan yang dirancang dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan angka yang signifikan. Pada kondisi dan karakteristik responden penelitian, dimensi pembentuk komitmen organisasional adalah faktor non-organisasional dan faktor sosial, sedangkan komitmen organisasional merupakan dimensi pembentuk kinerja. Keempat, terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan komitmen organisasional terhadap kinerja guru yang berarti bahwa semakin tinggi skor komitmen organisasional, semakin tinggi pula skor kinerja. Karakteristik guru madrasah swasta di Jawa Tengah adalah karakteristik kinerja Islami yang memiliki ciri-ciri; (1). Ikhlas beramal, yaitu mengharap balasan (jaza) kebaikan dari Alloh subhanahu wata'ala dalam melaksanakan tugas, (2). Kesalehan sosial yang tercermin dari tanggung jawab sosial, mengajar sebagai kegiatan filantropi jariyah, mengukur aspek material dari dimensi spiritual, (3). Komitmen terhadap organisasi dengan tumbuhnya loyalitas (wala’) terhadap organisasi dan komitmen kerja (iltizamul ‘amal).
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 06:49 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 06:50 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4176 |
Actions (login required)
View Item |