Hadijah, Hadijah (2017) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di MIN 2 Tanggamus Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (214kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (232kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (634kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (169kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (408kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (106kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (117kB) | Preview |
PDF
Restricted to Registered users only Download (66kB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian pendahuluan, proses kegiatan mengelola membelajarkan pembelajaran yang diawali dengan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau pengendalian, dan penilaian di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung berjalan seperti baiasa tidak terlihat ada yang berbeda. Namun, jika dilihat dari prestasi akademik maupun non-akademik Siswa SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung tergolong baik, padahal baru meluluskan dua angkatan. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dan mengajukan rumusan masalah “Bagaimanakah Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung?” Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah seluruh guru, Kepala Sekolah, Wakil dan siswa SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan teknik analisis kulalitatif, dengan langkah-langkah: mengkatagorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengklasifikasikan data sesuai dengan fokus penelitian kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Manajemen Pembelajaran di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung berjalan melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan penilaian. Setiap tahapan tersebut dilaksanakan dengan kriteria baik oleh guru SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Namun, berdasarkan hasil analisis data, terungkap temuan-temuan penelitian yang memberikan jawaban dari rumusan masalah penelitian ini. Dalam kegiatan perencanaan guru wajib, dengan kontrol atasan, menyiapkan dan mengembangkan kreativitasnya sehingga hasilnya efektif dan efisien. Pada kegiatan pengorganisasian dan pengarahan setiap kelas dibimbing oleh dua orang guru dengan jumlah siswa pada masing-masing rombel tidak lebih dari 28 orang, sehingga pembelajaran pun lebih efektif. Selain itu kegiatan pembelajaran didukung oleh fasilitas yang serba lengkap dan diselenggarakan berdasarkan one for all, seluruhnya tersedia dalam satu atap sekolah. Selain itu, untuk menunjang Prestasi Belajar Siswa kegiatan pembelajaran juga didukung oleh bimbingan-bimbingan belajar (Binbel) yang disediakan oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 07:00 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 07:00 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/246 |
Actions (login required)
View Item |