PENERAPAN LASSWELL COMUNICATION MODEL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA

Mujiadi, Ika Suryanita and M. Pd, Netriwati and M. Pd, Rizki Wahyu Yunian Putra (2017) PENERAPAN LASSWELL COMUNICATION MODEL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) pemahaman konsep matematis merupakan landasan penting untuk berpikir dalam menyelesaikan permasalahan matematika maupun permasalahan sehari-hari. Guru harus pandai memilih model pembelajaran yang paling tepat untuk diterapkan, dengan tujuan agar siswa dapat dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi penerapan Lasswell Comunication Model dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian dijalankan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Bandar Lampung, sedangkan sampelnya adalah kelas X.1 dan kelas X.2 SMA Negeri 4 Bandar Lampung, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian. Data dianalisis menggunakan statistika inferensia dengan berbantuan exel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,733, sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol sebesar 0,550. Selanjutnya hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji–t dengan taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi penerapan Lasswell Comunication Model dengan model pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan Lasswell Comunication Model lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, Lasswell Comunication Model

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syafrimen Syafril
Date Deposited: 20 Aug 2017 08:37
Last Modified: 20 Aug 2017 08:46
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item