Syafril, Syafrimen and Yantikno, Titik Rahayu (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Terpadu Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD di Sekolah Menengah. In: The ASEAN Teachers: Towards Standarization of Quality and Qualification, 30 November-01 Desember 2016, Grand Inna Muara Hotel Padang, Sumatera Barat Indonesia.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA terpadu bertujuan untuk mengantarkan siswa supaya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif, sehingga pembelajaran IPA menjadi lebih bermakna. Guru harus pandai memilih metode dan mengemas bahan ajar supaya menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS IPA terpadu menggunakan langkah-langkah metode kooperatif tipe STAD. Penelitian dijalankan menggunakan pendekatan kualitatif (Multi-case single-site case study design). Data dikumpulkan melalui dokumen analisis, dan dianalisis secara tematik berbantukan software NVIVO 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah mengembangkan LKS IPA terpadu menggunakan metode kooperatif tipe STAD adalah: (i) Dalam LKS mesti ada pemberian motivasi dan apersepsi, (ii) pembentukan tim, (iii) presentasi dari guru, (iv) kegiatan belajar dalam tim mesti heterogen, (v) pelaksanaan kuis individu, (vi) pemberian penghargaan. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, IPA Terpadu, Kooperatif Tipe STAD
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syafrimen Syafril |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 07:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 03:42 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/97 |
Actions (login required)
View Item |