PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI ALAT PERAGA PENERAPAN KONSEP HUKUM PASCAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Hani, Ulyanti Suraimah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI ALAT PERAGA PENERAPAN KONSEP HUKUM PASCAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FILE_LENGKAP_SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran sebagai alat peraga penerapan hukum pascal dan untuk mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran sebagai alat peraga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) yang diadaptasi oleh Sugiyono dari metode Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar Lampung dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMP untuk mernguji kualitas alat peraga penerapan konsep hukum pascal untuk peserta didik Kelas VIII SMP. Dan angket tanggapan guru dan siswa untuk mengetahui tanggapan terhadap alat peraga yang dikembangkan dan siswa terhadap penyajian alat peraga. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalaah alat peraga sederhana dari penerapan konsep hukum pascal. Peneliti mengumpulkan informasi dari pakar yakni ibu Sri Latifah M,Sc. Langkah ini adalah tahapam awal yang ditunjukkan untuk menentukan jenis alat peraga yang akan dikembangkan. Pengembangan alat peraga ini dilakukan dan mengadaptasi dari metode research and development (R&D) yang terdiri dari beberapa tahapan yang mengikuti langkah Bord and Gall, antara lain mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpilkan data, mendisain produk berupa alat peraga sederhana, validsi desain, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk akhir. Hasil penilaian alat peraga sederhana dalam penerapan konsep hukum pascal antara lain: penilaian ahli materi memberikan skor rata-rata akhir 96,3 dikriteriakan sangat menarik , ahli media memberikan skor rata-rata akhir 80,6 dikriteriakan sangat menarik, dan guru SMP memberikan skor 90,83 dikriteriakan sangat baik . hasil uji coba produk menunjukan bahwa rata-rata nilai akhir kemenarikan siswa pada kriteria sangat menarik. pengembangan media pembelajaran sebagai alat peraga penerapan konsep hukum Pascal untuk peserta didik kelas VIII SMP sangat layak di jadikan media pembelajaran. Kata kunci : Alat peraga sederhana, R&D, Hukum Pascal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:16
Last Modified: 12 Jun 2017 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item