PENGARUH PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF BERBASIS MINDMAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 1 KEDONDONG PESAWARAN

Assyahbana Atoriqi Haqqi Adadam, ADA (2019) PENGARUH PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF BERBASIS MINDMAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 1 KEDONDONG PESAWARAN. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA N 1 Kedondong diketahui bahwa penerapan discovery learning masih kurang maksimal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, sehingga perlu pembaharuan dalam penerapan pembelajaran, maka pendekatan konflik kognitif berbasis mind-mapping diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan konflik kognitif berbasis mind-mapping dalam kemampuan pemecahan masalah, sampel penelitian ini ialah peserta kelas X di SMA N 1 Kedondong, dimana kelas X MIA 2 sebagai kelas Eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol, jenis penelitian ini quasy eksperimen design, tehnik analisa ini menggunakan deskriptif quantitatif Berdasarkan hasil penelitian diketahuai bahwa, tidak ada pengaruh signifikan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan pengujian uji t independent, dimana Thitung 0.84 < 2.05 Ttabel. Seharusnya T hitung ≥ T tabel, sehingga Ho diterima, Hi ditolak. maka penelitian ini dapat disimpulkan tidak ada pengaruh pendekatan konflik kognitif berbasis mind-mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas X di SMA N 1 kedondong Pesawaran. Kata Kunci: Konflik Kognitif, Mind-Mapping, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 14 May 2019 05:10
Last Modified: 14 May 2019 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item