PENGARUH KOMBINASI PEMBELAJARAN MODEL NHT DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 03CUKUH BALAK KABUPATEN TANGGAMUS

Astuti, Yanti Widi (2017) PENGARUH KOMBINASI PEMBELAJARAN MODEL NHT DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 03CUKUH BALAK KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kombinasi pembelajaran NHT dan STAD terhadap hasil belajar fisika peserta didik di Kelas VII SMP Negeri 3 Cukuh Balak Kab. Tanggamus tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas Kelas VII SMP Negeri 3 Cukuh Balak Kab. Tanggamus dengan 160 peserta didik, dengan sampel dari dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan kombinasi pembelajaran NHT dan STAD, dan kelas kontrol menggunakan pembelajarnceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil perhitungan terdapat perbedaan nilai rata-rata (mean) hasil belajar (posttest) antara kombinasi pembelajaran NHT dan STAD dan pembelajaran konvensional yang di dapat oleh peserta didik. Dari perhitungan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 = ditolak dan Ha = diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kombinasi pembelajaran NHT dan STAD terhadap hasil belajar Fisika peserta didik. Kata Kunci : NHT & STAD, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 May 2017 03:50
Last Modified: 02 May 2017 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item