EFEKTIVITAS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PESERTA DIDIK

WARDANI, INDAH (2018) EFEKTIVITAS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang pendidik masih menggunakan pembelajaran yang monoton sehingga peserta didik kurang tertarik untuk belajar fisika yang berdampak pada nilai akhir yang rendah. Memiliki perbedaan hasil belajar dilihat dari gender dan belum pernah mengaplikasikan sebuah konsep fisika dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran STEM dan konvensional, mengetahui perbedaan gender serta mengetahui interaksi pembelajaran dengan gender terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi experiment design dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populai dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI MIA di SMAN 1 Katibung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara sampling jenuh. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran STEM dan kelas XI MA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif soal pilihan jamak yang telah divalidasi untuk mendapatkan hasil pemahaman konsep. Berdasarkan pengujian effect size diperoleh nilai 0,1 yang kemudian diinterpretasikan dalam tabel uji effect size bahwa pembelajaran STEM dan konvensional mempengaruhi pemahaman konsep peserta didik sebesar 54%. Sehingga hasil penelitian menunjukkan (1) adanya perbedaan pembelajaran STEM dan konvensional terhadap pemahaman konsep (p=0,005 < 0,05). (2) adanya perbedaan gender terhadap pemahaman konsep (p=0,001 < 0,05). (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap pemahaman konsep (p=0,411 > 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:32
Last Modified: 03 Dec 2018 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item