PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUANLKPDTERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT BAITUN NUR PUNGGUR LAMPUNGTENGAH PADA MATERI GERAK DAN GAYA

Nurhayati, Iis (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUANLKPDTERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT BAITUN NUR PUNGGUR LAMPUNGTENGAH PADA MATERI GERAK DAN GAYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilik pengaruh penggunaan model pembelajaran Novick berbantuan LKPD terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah pada materi gerak dan gaya. Dengan hipotesis penelitian, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Novick berbantuan LKPD terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian adalah 2 kelas VIII SMP IT Baitun Nur dengan jumlah 43 peserta didik. Dengan sampel kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilaan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda. Dan untuk mengetahui keterlaksanaan model Novick maka peneliti menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata posttestpada kelas kontrol adalah 71,74 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 81. Untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji Mann Whitney Test pada program IBMSPSS Statistics 23. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig. (2-tailed)sebesar 0,00 yang berarti nilai sig. (2-tailed)< 0,05yang artinya rata-rata posttest kelas kontrol tidak sama dengan rata-rata posttest kelas eksperimen. Sehingga, Ha diterima atau terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest kemampuan kognitif peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata posttest kemampuan kognitif peserta didik pada kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Novick berbantuan LKPD terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP IT Baitun Nur pada materi gerak dan gaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:03
Last Modified: 21 Nov 2018 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item