PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FISIKA MENGGUNAKAN APLIKASI TOONDOO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR

Hidayah, Reni (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FISIKA MENGGUNAKAN APLIKASI TOONDOO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RENI.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan produk melalui pengembangkan media pembelajaran komik fisika menggunakan aplikasi Toondoo berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan gerak melingkar; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran komik fisika menggunakan aplikasi Toondoo berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan gerak melingkar; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran komik fisika menggunakan aplikasi Toondoo berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan gerak melingkar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model dari Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiono. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA kelas X. Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dan pendidik, angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran komik fisika menggunakan aplikasi Toondoo berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan gerak melingkar; 2) kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan hasil rata-rata persentse kelayakan 94,19% dalam kategori sangat layak, penilaian ahli media mendapatkan hasil rata-rata persentse kelayakan 89,46% dalam kategori sangat layak, penilaian ahli bahasa mendapatkan hasil ratarata persentase kelayakan 83,33% dalam kategori sangat layak; 3) penilaian pendidik SMA mendapatkan hasil rata-rata persenatse kemenarikan 88,59% dalam kategori sangat menarik, dan respon peserta didik ditiga sekolah mendapatkan hasil rata-rata persentse kemenarikan 86,01% dalalm kategori sangat menarik. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon pendidik dan peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik fisika menggunakan aplikasi Toondoo berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan gerak melingkar layak dan menarik digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2018 01:59
Last Modified: 21 Nov 2018 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item View Item