PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG

RAHAYUNINGSIH, GANIS (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan modul pembelajaran SKI dan rendahnya minat serta motivasi peserta didik untuk membaca modul pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penyajian modul tidak dikemas secara menarik dan materi yang disampaiakan kurang mendalam, sehinga peserta didik tidak tergerak untuk membaca dan mempelajari modul tersebut. Di MTs Ismaria Al-Qur’aniyah Bandar Lampung sudah terdapat modul dalam pembelajaran SKI, namun modul yang ada masih berbasis KTSP dan belum berbasis Kurikulum 2013. Modul yang ada masih terdapat kekurangan diantaranya; tidak adanya rangkuman materi, masih terdapat kesalahan pada penulisan kata dalam materi, tidak terdapat glosarium, soal evaluasi terlalu sedikit, dan materi kurang medalam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, mengetahui kelayakan pengembangan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, dan juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013 pada materi Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan langkah-langkah penelitian yang dilakukan meliputi: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Telah berhasil dikembangankan modul SKI berbasis kurikulum 2013 dengan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi “Sangat Baik” dengan persentase perolehan skor 86,67 %, oleh ahli media “Sangat Baik” dengan persentase perolehan skor 88,57 %, dan layak untuk digunakan serta dapat diujicobakan kepada peserta didik dengan memperbaiki produk sesuai saran yang diberikan. Dan respon peserta didik setelah menggunakan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013 menunjukkan persentase perolehan skor 87,1 % dengan kriteria “Sangat Baik”. Saran dari penulis dalam penelitian ini ialah; pembelajaran menggunakan modul sejarah kebudayaan Islam berbasis Kurikulum 2013 dapat dikembangkan oleh guru secara berkelanjutan untuk materi yang berbeda. Dan pemanfaatan modul SKI ini dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru. apabila peserta didik menemui kesulitan, guru dapat membimbing agar peserta didik mudah memahami materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2018 03:01
Last Modified: 16 Nov 2018 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4953

Actions (login required)

View Item View Item