PENERAPAN PROGRAM CROCODILE PHYSIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Novianto, Abdi (2018) PENERAPAN PROGRAM CROCODILE PHYSIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ABDI FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman terhadap konsep merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran dan memecahkan masalah, baik di dalam proses belajar itu sendiri maupun dalam lingkungan keseharian. Kemampuan memahami konsep menjadi landasan untuk berfikir dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Siswa dikatakan memahami bila mereka dapat mengkonstruksi makna dari pesan-pesan pembelajaran, baik yang bersifat lisan, tulisan ataupun grafis, yang disampaikan melalui pengajaran, buku, atau layar komputer. Untuk memiliki kemampuan tersebut peserta didik perlu adanya latihan, maka dari itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti hal tersebut. Salah satu cara yang dapat melatih pemahaman konsep adalah dengan menggunakan bantuan media pembelajaran Crocodile Physic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan peserta didik dalam memahami konsep fisika dengan bantuan media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Action Research (penelitian tindakan) dengan sampel dua kelas di dua sekolah yang berbeda. Populasi pada penelitian ini berjumlah 69 orang terdiri dari 37 peserta didik kelas VIII I SMPN 1 Bandarlampung dan 32 peserta didik 32 peserta didik kelas VIII A SMPN 25 Bandarlampung. Untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dilakukan tes sebanyak 3 siklus dengan soal pilihan ganda 20 soal dimasing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep fisika siswa di lihat dari presentase ketuntasan hasil belajar. Siklus I presentase ketuntasan dikelas VIII I sebesar 40,54 %, siklus II sebesar 51,35 dan pada siklus III sebesar 83,78 %. Siklus I presentase ketuntasan dikelas VIII A sebesar 18,75 %, siklus II sebesar 43,24 % dan pada siklus III sebesar 81,25 %. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan program Crocodile Physic dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Kata kunci: Media pembelajaran Crocodile Physic,Pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:22
Last Modified: 15 Nov 2018 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item View Item