ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN PRODUK-PRODUK PEMBIAYAAN PADA PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Way Halim)

OISINA, MEUTIA RESKY (2018) ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN PRODUK-PRODUK PEMBIAYAAN PADA PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Way Halim). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of MEUTIA RESKY OISINA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk dapat meningkatkan volume penjualan. Semakin berkembangnya lembaga keuangan baik bank maupun non bank di Indonesia akan mendorong pihak lembaga keuangan untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. PT. Pegadaian Syariah merupakan suatu lembaga keuangan non bank yang menyediakan produk-produk pembiayaan yang berbeda dengan lembaga keuangan lainnya. Pegadaian Syariah menyediakan produk-produk pembiayaanya dengan berbasis Gadai. Produk-produk pembiayaan yang diberikan oleh Pegadaian Syariah memberikan kemudahan kepada setiap masyarakat untuk memperoleh pendanaan dengan proses yang mudah dan pencairan dana yang cepat. Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, perlu adanya identifikasi dalam strategi pemasaran dengan berbagai faktor, salah satunya melalui analisis SWOT. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah dan bagaimana strategi pemasaran melalui analisis SWOT pada pegadaian dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah dalam memasarkan produk pembiayaanya dan untuk mengetahui strategi pemasaran melalui analisis SWOT bagi Pegadaian Syariah dalam memasarkan produknya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder dan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner/angket dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel sebanyak 57 orang sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pemasaran produkproduk pembiayaan pada Pegadaian Syariah menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 4P. Produk yang ditawarkan sangat variatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang, sedangkan dari harga sangat murah. Untuk lokasi, strategis, mudah dijangkau dan dekat dengan pelaku UMKM, sedangkan promosi menggunakan periklanan melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan pribadi. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT pada faktor internal terdapat selisih 1,40 dan pada eksternal terdapat 1,20. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada Pegadaian Syariah masuk pada tipe kuadran 1 (positif, positif) yang merupakan posisi yang sangat menguntungkan dimana perusahaan memiliki kekuatan dan peluang yang bagus. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Produk-Produk Pembiayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2018 06:47
Last Modified: 14 Nov 2018 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item