Rahayu, Resti (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Miskonsepsi atau keslahan konsep merupakan hal yang penting dan harus diidentifikasi sedini mungkin agar tidak menyebabkan kesalahan konsep pada konsep selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Raden Intan Lampung yang bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi mahasiswa pada materi hukum Newton dan sub materi yang memiliki presentase miskonsepsi terbesar. Jenis penelitian kuantitatif berupa deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk menggambarkan tingkat miskonsepsi mahasiswa dengan gambaran persentase jumlah. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 program studi pendidikan fisika di UIN Raden Intan Lampung. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan jamak 4 tingkat (four-tier) pada tingkat 1 dan tiga merupakan pertanyaan atas soal dan alasan sedangkan pada tingkat 2 dan 4 berisi tingkat keyakinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika sebesar 45, 5 % dan sub materi yang sering terjadi miskonsepsi adalah hukum II Newton. Kata kunci : Four-Tier, Hukum Newton, Miskonsepsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 02:08 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 02:08 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4920 |
Actions (login required)
View Item |