PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII F PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

MISNAWATI, M (2018) PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII F PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII F MTs Negeri 1 Bandar lampung dalam pembelajaran Fiqih adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan dalam proses belajar guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas,metode yang digunakan oleh guru ini sifatnya konvensional yakni berpusat kepada guru saja sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pebelajaran. Dilihat dari keadaan diatas maka dapat diketahui bahwa metode yang digunakan masih kurang baik sehingga aktifitas guru lebih banyak dari siswanya, rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran make a match pada pembelajaran fiqih kelas VIII F MTs Negeri 1 Bandar Lampung?”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan jenis penelitian kualitatif, sumber data dari penelitian ini adalah subjek dan objek penelitian, dimana subjek penelitian ini adalah guru bidang studi Fiqih di MTs Negeri 1 Bandar Lampung dan objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri 1 Bandar Lampung, metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data dalam penelitiaan ini adalah dengan menggunakan presentase.dan hasilnya adalah sebagai berikut, sebelum menerapkan strategi pembelajaran Make a Match pada hasil belajar siswa dalam pra penelitian pendahuluan terbukti yang tidak mencapai KKM 54.30% dan yang mencapai KKM yakni 45.70%, setelah menerapkan strategi pembelajaran Make a Match dapat diketahui peningkatan dalam hasil belajar siswa pada siklus I mengalami Peningkatan sebanyak 65.70% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 34.30% Selanjutnya di Siklus II hasil siswa mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebanyak 88.57% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 11.43%, maka dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut,” Terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran make a match pada pembelajaran fiqih kelas VIII F MTs Negeri 1 Bandar Lampung” Kata kunci: Hasil belajar,strategi make a match, fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:37
Last Modified: 19 Oct 2018 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item