EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK ROLE PLAYYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

EFTIKA, NIA (2018) EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK ROLE PLAYYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (75MB) | Preview

Abstract

Percaya diri adalah sikap positif individu yang memapukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan. Kurang percaya diri dapat menghambat dalam mengembakan potensi diri. Peserta didik yang memilki rasa percaya diri rendah akan bersikap rau-ragu dalam membuat keputusan, malu-malu, selalu membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, canggung, serta sulit untuk menerima dirinya secara tulus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasiexperiment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy tehnik Role Playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik korban bullying. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik korban bullying kelas VIII di SMP N 19 Bandar Lampung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 368 dan untuk sample penelitian ini adalah 20 peserta didik yang kurang percaya diri akibat bullying. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis yang disimpulkan bahwa pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy tehnik Role Playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik korban bullying. Hasil perhitungan pre-test dan posttest menunjukan perbedaan yang siginfikan mengenai rasa percaya diri peserta didik korban bullying, dilihat dari hasil pre-test 47.20 dan hasil post-test meningkat menjadi 88.70 dengan z tabel = ± 1.96, maka dapat disimpilkan bahwa pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy tehnik Role Playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik korban bullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:21
Last Modified: 18 Sep 2018 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item