EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS

Hidayah, Rofiatul (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ROFIATUL.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat efektivitas kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains peserta didik menggunakan model Reciprocal Teaching. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kalirejo Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa uraian untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi dan non tes berupa lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji independent sampel t test dari hasil postetest kelas kontrol sebesar 66,97 dan kelas eksperimen sebesar 77,71 memperoleh thitung > ttabel (10,167 > 1,996) dan presentase lembar observasi rata-rata kelas kontrol sebesar 73 dan kelas eksperimen sebesar 76 memperoleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel ((3,656 > 1,996). Kemudian keefektifan model Reciprocal Teaching diketahui dengan uji effect size yaitu memperoleh nilai d = 0,5 kemudian hasil ini interpretasikan dengan menggunakan tabel effect size diperoleh bahwa model Reciprocal Teaching ini memberi pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik sebanyak 69%.Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains peserta didik dengan menngunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:30
Last Modified: 05 Sep 2018 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item