PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Sifa'i, Muhammad (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi lengkap AZ.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik di SMA Negeri 1 Ulubelu masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik SMA Negeri 1 Ulubelu pokok bahasan gerak parabola. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experimental dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ulubelu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive dengan materi gerak parabola. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 22,8 dan nilai rata-rata posttest sebesar 56,1, sedangkan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 23,2, dan nilai rata-rata posttest sebesar 72,8. Hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan masalah ditemukan nilai sig 2-tailed 0,00. Oleh karena nilai sig < 0,05, artinya H0 ditolak H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik SMA Negeri 1 Ulubelu pokok bahasan gerak parabola. Kata Kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 08:04
Last Modified: 11 Jul 2018 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item