PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LITERASI ISLAM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI OPTIK GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMA/MA

Anggraini, Retno Dwi (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LITERASI ISLAM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI OPTIK GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI SMA/MA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RETNO DWI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis literasi Islam dengan pendekatan saintifik pada materi optik geometri dan alat-alat optik kelas XI SMA/MA. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan langkah penelitian yang dilakukan meliputi pendefinisian (defne), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA/MA Instrumen pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan angket kebutuhan, lembar validasi dan lembar angket respon pendidik dan peserta didik serta análisis data menggunakan skala likert. Hasil validasi dilakukan oleh ahli media persentase rata-rata mencapai 81% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi persentase rata-rata mencapai 85% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli agama persentase rata-rata mencapai 93% dengan kategori “Sangat Layak” dan ahli bahasa persentase rata-rata mencapai 97% dengan kategori “Sangat Layak”. Setelah divalidasi oleh ahli maka selanjutnya di uji cobakan dengan pendidik dan peserta didik melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil persentase rata-rata respon pendidik mencapai 87%, respon peserta didik terhadap kemenarikan modul pembelajaran fisika diperoleh dari uji coba kelompok kecil sebesar 91% dan uji coba lapangan sebesar 90% dengan kriteria interpretasi “Sangat Menarik”, ini berarti modul pembelajaran fisika yang dikembangkan dalam kriteria interpretasi “Sangat Menarik” dengan respon “Positif”. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis literasi Islam dengan pendekatan saintifik pada materi optik geometri dan alat-alat optik kelas XI SMA/MA dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran Fisika. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran Fisika, Literasi Islam, Pendekatan Saintifik, Materi Optik Geometri dan Alat-Alat Optik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:36
Last Modified: 05 Jul 2018 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item View Item