PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS STRATEGI TWO STAY TWO STRAY DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 WATES KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

Riskawati, Renita Dewi (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS STRATEGI TWO STAY TWO STRAY DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 WATES KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
PDF
Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 1 absrak, motto, persembahan, riwayat hidup, dll.docx] HTML
Download (173kB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu LKS berisi tentang uraian materi yang terlalu singkat sehingga siswa kurang memahami materi tersebut dan beberapa soal essay dan pilihan ganda dan LKS yang digunakan bukan bahan ajar yang dibuat oleh guru melainkan LKS yang digunakan dibeli melalui penerbit yang datang ke sekolah. LKS yang digunakan belum menggunakan langkah-langkah k-13 tetapi masih menggunakan KTSP. Sedangkan untuk kelas IV di SD Negeri 4 wates sudah menggunakan K-13. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1). Bagaimana proses mengembangkan lembar kerja siswa berbasis two stay two stray pada materi sholat untuk peserta didik kelas IV SD ? 2). Bagaimana kelayakan lembar kerja siswa PAI berbasis two stay two stray pada materi sholat di SD N 4 Wates? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKS berbasis strategi two stay two stray dan untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap LKS yang dikembangkan. Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah di modifikasi oleh sugiyono. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli teknologi pembelajaran dan ahli bahasa untuk mengetahui kelayakan produk, dan diberikan kepada siswa dan guru untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli bahasa dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak untuk digunakan, dan analisis data yang diperoleh dari siswa dan guru dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan sangat menarik. Hal ini berarti LKS yang dikembangkan oleh penulis dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa/i dan guru SD kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:43
Last Modified: 03 Jul 2018 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item