PENGEMBANGAN MODUL AKIDAH AKHLAK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG

Safitri, Nindi (2018) PENGEMBANGAN MODUL AKIDAH AKHLAK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (68MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu bahan ajar yang ada di sekolah bersifat informatif sehingga untuk minat belajar dan membaca rendah mengakibatkan nilai sebagian besar peserta didik dibawah KKM (Kuantitas Kriteria Minimum) dan keaktifan proses belajar masih kurang dikarenakan guru belum sepenuhnya menerapkan pendekatan saintifik. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana mengembangkan modul pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pendekatan Saintifik di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung? 2) Bagaimana kelayakan modul pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pendekatan Saintifik di MTs yang dikembangakan? 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap modul pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pendekatan Saintifik di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung? Tujuan penelitian pengembangan modul materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela ini dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap modul yang dikembangkan Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Reaserch and Development (R & D) dari Brog and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono yakni sampai pada tahap ke tujuh, diantaranya: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi instrumen serta uji coba produk. Instrumen yang dilakukan berupa skala penilaian untuk mengetahui bahan ajar materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela layak, menarik, dan Mudah bagi peserta didik. Kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan melalui tahap validasi kelayakan bahan ajar kepada tim validator ahli materi, ahli teknologi pembelajaran, dan ahli bahasa memperoleh kriteria “sangat layak” digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:51
Last Modified: 02 Jul 2018 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3808

Actions (login required)

View Item View Item