PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI HAJI DAN UMROH DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ANJALI, SRIWIJBANT (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI HAJI DAN UMROH DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses kegiatan belajar mengajar diperlukan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan perantara penyampaian materi guru kepada peserta didik. Melalui penggunaan media diharapkan dapat lebih mempermudah menyampaikan materi yang diberikan dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pembelajaran fiqih yang berlangsung di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung masih menggunakan media pembelajaran visual berupa buku cetak. Belum terlihat adanya penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis 3D Pageflip Professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis 3D Pageflip Professional terhadap hasil belajar peserta didik pada materi “Haji dan Umroh”. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain pre-experimental tipe one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 96 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (flipbook berbasis 3D Pageflip Professional.) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (Non- flipbook berbasis 3D Pageflip Professional). Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes (pretest dan posttest). Data deskripsi yang terkumpul akan diolah menggunakan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 76.96 dan kelas kontrol memperoleh nilai 64.12. Hasil uji hipotesis (uji t- paired sample t test) nilai posttest diperoleh thitung sebesar 11.4 lebih besar dari ttabel 1.66. Dengan demikian hipotesis statistik Ho ditolak dan H1 diterima, yang menyatakan “Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis 3D pageflip professional terhadap hasil belajar peserta didik”. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Flipbook, 3D Pageflip Professional, Hasil Belajar. vii ABSTRACT In the teaching and learning process, educational media are necessary. Educational media serve as intermediaries for delivering material from teachers to students. The use of media is expected to facilitate the delivery of the given material and enhance the quality of learning. The fiqh learning process at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung still relies on visual learning media, such as printed books. There is no apparent use of 3D Pageflip Professional-based flipbook learning media. This study aims to determine the effect of using 3D Pageflip Professional-based flipbook learning media on students' learning outcomes on the topic of "Hajj and Umrah." This research employs an experimental study with a quantitative approach. The research design uses a pre-experimental design of the one-group pretest-posttest type. The population in this study consists of all 96 students in class VIII of MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year. Sampling was done using a saturated sampling technique, resulting in class VIII A as the experimental class (using 3D Pageflip Professional-based flipbook) and class VIII B as the control class (not using 3D Pageflip Professional-based flipbook). Data collection was conducted through observation, documentation, and tests (pretest and posttest). The collected descriptive data will be processed using SPSS 25.0. The results of the study showed that the average posttest score of the experimental class was 76.96, while the control class scored 64.12. The hypothesis test results (paired sample t-test) revealed that the posttest t-value was 11.4, which is greater than the t-table value of 1.66. Therefore, the statistical hypothesis Ho is rejected, and H1 is accepted, indicating that "There is an effect of using 3D Pageflip Professional-based flipbook learning media on students' learning outcomes." Keywords : Learning Media, Flipbook, 3D Pageflip Professional, Learning Outcomes. viii املهخص يف ػًهٍح انرؼهٍى وانرؼهى، ُْاك حاجح إىل وسائم ذؼهًٍٍح. ذؼررب انىسائم انرؼهًٍٍح وسٍهح نُقم املىاد انذراسٍح يٍ املؼهى إىل انطالب. يٍ خالل اسرخذاو انىسائم انرؼهًٍٍح، ٌُرىقغ أٌ ذسهم ػًهٍح َقم املىاد املقذيح وذزٌذ ػًهٍح ذؼهى انفقّ انيت جتزي يف يذرسح املرىسطح انراتؼح جلًؼٍح احملًذٌح يف سىكارايً يٍ جىدج انرؼهٍى. مل ٌظهز حىت اٌَ تاَذار اليثىَغ ال ذزال ذسرخذو انىسائم انرؼهًٍٍح انثصزٌح املرًثهح يف انكرة املطثىػح. ٌهذف ْذا انثحث إىل يؼزفح ذأثري اسرخذاو وسائم انرؼهٍى انقائًح ػهى تزَايج ٣د تٍجفهٍة تزوفٍشُال. اسرخذاو وسائم انرؼهٍى يٍ َىع " فهٍة تىك " انقائًح ػهى تزَايج ٣د تٍجفهٍة تزوفٍشُال ػهى َرائج ذؼهى انطالب يف يادج "احلج وانؼًزج". اسرخذيد ْذِ انذراسح يُهج انثحث انرجزٌيب تُهج ك.ًً اسرخذو ذصًٍى انذراسح َىػًا يٍ انرجزتح قثم انرجزٌثٍح يٍ َىع انفزٌق انىاحذ قثم االخرثار وتؼذ.ِ كاَد انسكاٌ يف ْذِ انذراسح ْى مجٍغ املرؼهًني يف انصف انثايٍ يف يذرسح املرىسطح انراتؼح جلًؼٍح احملًذٌح يف سىكارايً تاَذار اليثىَغ نهؼاو انذراسً ٠٢٠٢/٠٢٠٣ وانذٌٍ تهغ ػذدْى ٦٩ يرؼهًًا. مت اخرٍار انؼٍُح تاسرخذاو ذقٍُح انؼٍُح املشثؼح ومت احلصىل ػهى انصف انثايٍ أ كفزٌق جتزٌيب )انكراب املقهىب ثالثً األتؼاد املثين ػهى ٣د تٍجفهٍة تزوفٍشُال( وانصف انثايٍ ب كفزٌق ضاتط )غري انكراب املقهىب ثالثً األتؼاد املثين ػهى ٣د تٍجفهٍة تزوفٍشُال(. مت مجغ انثٍاَاخ تاسرخذاو املالحظح وانرىثٍق واالخرثار )االخرثار األويل واالخرثار تؼذ انذراسح(. سٍرى ب س. س ٠٥.. س يؼاجلح انثٍاَاخ انىصفٍح اجملًؼح تاسرخذاو تزَايج أظهزخ َرائج انذراسح أٌ يرىسط درجح االخرثار تؼذ انذراسح نهفزٌق انرجزٌيب كاٌ ٦٩،٦٩ تًٍُا حصم انفزٌق انضاتط ػهى درجح .٤٠،٩٢ أظهزخ اخرثاراخ انفزضٍح )اخرثار خ- نهؼٍُاخ املقرزَح( أٌ قًٍح خ احلاصهح كاَد ٢،٤٤ أكرب يٍ انقًٍح املرىقؼح .٩٩،٤ نذا مت رفض انفزضٍح اإلحصائٍح .ح وقثىل ٤ح، مما ٌشري إىل "وجىد ذأثري السرخذاو وسائط ذؼهًٍٍح يثم انكرة املقهىتح ثالثٍح األتؼاد املثٍُح ػهى ٣د تٍجفهٍة تزوفٍشُال ػهى َرائج ذؼهى املرؼهًني". انكهًاخ انزئٍسٍح: وسائط ذؼهًٍٍح، انكرة املقهىتح، ػهى ٣د تٍجفهٍة تزوفٍشُال ، َرائج انرؼهى.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:07
Last Modified: 01 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34343

Actions (login required)

View Item View Item