PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN TIME LIMIT TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA PEMBELIAN ONLINE DI APLIKASI TIKTOKSHOP DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Pengguna Tiktokshop di Kota Bandar Lampung)

Putri, Susi Adetya (2024) PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN TIME LIMIT TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA PEMBELIAN ONLINE DI APLIKASI TIKTOKSHOP DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Pengguna Tiktokshop di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PUTRI_ADETYA 135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PUTRI_ADETYA FULLL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam mempromosikan produk di TikTok Shop terdapat Live Streaming yang menjadi pilihan banyak produsen untuk melakukan penjualan dan interaksi langsung dengan para konsumen secara real time. Ketergantungan masyarakat yang besarakan gadget menyebabkan proses pembelian lebih mudah melalui live streaming, sehingga dapat menimbulkan sikap impulsive buying (impulsive buying behavior). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Live Streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive buying? Apakah Time Limit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying? Dan bagaimana Live Streaming, Time Limit dan Impulsive Buying dalam perspektif bisnis syariah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Live Streaming terhadap perilaku Impulsive Buying, untuk mengetahui pengaruh Time Limit terhadap perilaku Impulsive Buying dan untuk mengetahui bagaimana Live Streaming, Time Limit dan Impulsive Buying dalam perspektif bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, tujuannya untuk menguji suatu hipotesis yang telah digunakan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada pengguna Tiktoktshop di Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Bandar Lampung berusia 17 tahun keatas karena dengan pertimbangan kondisi umur tersebut diharapkan responden bisa lebih memahami terhadap maksud dari kuesioner yang diberikan. Dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukan hasil yang sejalan dengan hipotesis, dimana terdapat pengaruh dari Live Streaming (X1) terhadap Impulsive Buying (Y) secara positif dan signifikan. Sedangkan untuk Time Limit (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying (Y). Jadi Live Streaming dan Time Limit secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Kata kunci: Impulsive Buying, Live Streaming, Time Limit.ABSTRACT In promoting products at TikTok Shop there is Live Streaming which is the choice of many producers to make sales and direct interaction with consumers in real time. People's heavy dependence on gadgets causes the buying process to be easier through Live Streaming, so that it can lead to impulsive buying behavior. The formulation of the problem in this study is whether Live Streaming has a positive and significant effect on Impulsive buying? Does Time Limit have a positive and significant effect on Impulsive Buying? And how are Live Streaming, Time Limit and Impulsive Buying in a sharia business perspective? While the purpose of this study is to determine the effect of Live Streaming on Impulsive Buying behavior, to determine the effect of Time Limit on Impulsive Buying behavior and to find out how Live Streaming, Time Limit and Impulsive Buying in a sharia business perspective. This study uses quantitative research methods, the aim is to test a hypothesis that has been used. In this study using data collection techniques by distributing questionnaires to Tiktoktshop users in Bandar Lampung. The population in this study were people in Bandar Lampung City aged 17 years and over because considering these age conditions it is hoped that respondents can better understand the purpose of the questionnaire given. And the sample used in this study were 100 respondents. Based on the research that has been done, the results are in line with the hypothesis, where there is an influence from Live Streaming (X1) on Impulsive Buying (Y) positively and significantly. Meanwhile, Time Limit (X2) also has a positive and significant effect on Impulsive Buying (Y). So Live Streaming and Time Limit together have a positive and significant effect on Impulsive Buying. Keywords: Impulsive Buying, Live Streaming, Time Limit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:41
Last Modified: 24 Jul 2024 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34091

Actions (login required)

View Item View Item