PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY SEBAGAI PEMBAYARAN NON TUNAI DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Dompet Digital ShopeePay di Kota Bandar Lampung)

RIZKY, NUGROHO (2024) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY SEBAGAI PEMBAYARAN NON TUNAI DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Dompet Digital ShopeePay di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIZKY N.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam era industri digital saat ini, menyebabkan perkembangan signifikan di bidang financial technology (fintech). Dompet digital atau e-wallet telah muncul sebagai hasil dari perkembangan ini. Teknologi yang terus berkembang juga telah mengubah perilaku masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yang ditandai dengan banyaknya penggunaan dompet digital seperti ShopeePay. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan kepercayaan, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan dompet digital ShopeePay sebagai alat pembayaran non tunai. Penelitian ini difokuskan pada pengguna dompet digital ShopeePay di Kota Bandar Lampung, dengan mempertimbangkan perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada pengguna Dompet Digital ShopeePay di Kota Bandar Lampung dengan populasi yang tidak diketahui. Sampel diambil menggunakan teknik non-probability, tepatnya purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 26, dengan pengujian yang mencakup uji validitas dan reliabilitas data, uji prasyarat analisis, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan kepercayaan, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna ShopeePay sebagai alat pembayaran non tunai di Kota Bandar Lampung. Kemudahan penggunaan ShopeePay mencerminkan prinsip kemudahan dalam etika bisnis Islam. Manfaat yang diberikan sesuai dengan prinsip ihsan, yang menekankan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Kepercayaan pelanggan menunjukkan prinsip tanggung jawab dan kebenaran yang dipegang oleh perusahaan. Prinsip tauhid tercermin dalam upaya ShopeePay untuk menyediakan layanan yang mudah, bermanfaat, dapat dipercaya, adil, dan transparan, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. ShopeePay juga memperhatikan kebebasan pengguna untuk memanfaatkan sumber daya mereka, dengan tetap mematuhi hukum dan nilai-nilai Islam. Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan. iii ABSTRACT In the current digital industrial era, this has led to significant developments in the field of financial technology (fintech). e-wallets have emerged as a result of this development. Continuously developing technology has also changed people's behavior throughout the world, including in Indonesia, which is marked by the large use of e-wallets such as ShopeePay. The formulation of the problem in this research is whether ease of use, usefulness and trust, both partially and simultaneously, influence customer satisfaction in using the ShopeePay e-wallet as a cashless payment tool. This research focuses on ShopeePay e-wallet users in Bandar Lampung City, taking into account the perspective of Islamic business ethics. This research used a quantitative approach and was conducted on ShopeePay Digital Wallet users in Bandar Lampung City with an unknown population. Samples were taken using non-probability techniques, specifically purposive sampling, with a sample size of 100 people determined using the Lemeshow formula. Data analysis was carried out using SPSS 26, with tests that included testing the validity and reliability of the data, testing prerequisites for analysis, and testing hypotheses. The results of this research show that ease of use, usefulness and trust, both partially and simultaneously, have a significant positive effect on user satisfaction with ShopeePay as a non-cash payment tool in Bandar Lampung City. ShopeePay's ease of use reflects the principle of convenience in Islamic business ethics. The benefits provided are in accordance with the principle of ihsan, which emphasizes the best service to customers. Customer trust shows the principles of responsibility and truth held by the company. The principle of monotheism is reflected in ShopeePay's efforts to provide services that are easy, useful, trustworthy, fair and transparent, in accordance with Islamic principles, thereby increasing customer satisfaction. ShopeePay also pays attention to users' freedom to utilize their resources, while complying with Islamic laws and values. Keywords: Ease of Use, Usefulness, Trust, Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:38
Last Modified: 17 Jul 2024 09:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33964

Actions (login required)

View Item View Item