PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA E-WALLET DANA DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna E-Wallet DANA di Kota Bandar Lampung)

DANANG, AJI ASTAMA (2024) PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA E-WALLET DANA DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna E-Wallet DANA di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DANANG AJI ASTAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring perkembangan teknologi terkini di bidang keuangan adalah financial technology (fintech). Salah satu hasil dari perkembangan teknologi layanan keuangan atau fintech yaitu dompet digital (e�wallet), dimana e-wallet merupakan teknologi yang dapat menyimpan dana dan melakukan pembayaran secara digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah persepsi keamanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada pengguna e-wallet DANA di Kota Bandar Lampung?, (2) Apakah persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada pengguna e-wallet DANA di Kota Bandar Lampung?, (3) Apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada pengguna e-wallet DANA di Kota Bandar Lampung?, (4) Bagaimana persepsi keamanan, persepsi kemudahan penggunaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada pengguna e-wallet DANA di Kota Bandar Lampung dalam Perspektif Bisnis Islam?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, adapun populasi pada penelitian ini adalah pengguna e-wallet DANA di Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Uji analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu (1) persepsi keamanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna e�wallet DANA di Kota Bandar Lampung, (2) persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna e-wallet DANA di Kota Bandar Lampung, (3) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna e-wallet DANA di Kota Bandar Lampung, (4) Dalam perspektif bisnis Islam pada persepsi keamanan, persepsi kemudahan penggunaan dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, yaitu tidak berperilaku boros (isyraf), tidak menghamburkan harta tanpa guna (tabzir), berhenti mengkonsumsi bila mencapai kepuasan. Kata Kunci : Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan, E-Wallet DANA iv ABSTRACT Along with the development of the latest technology in the financial sector is financial technology (fintech). One result of the development of financial services technology or fintech is digital wallets (e�wallets), where e-wallets are technology that can store funds and make payments digitally. The formulation of the problem in this research is (1) Does perceived security influence consumer satisfaction among DANA e-wallet users in Bandar Lampung City?, (2) Does perceived ease of use influence consumer satisfaction among DANA e-wallet users in Bandar Lampung City?, (3) Does service quality influence consumer satisfaction among DANA e-wallet users in Bandar Lampung City?, (4) How do perceptions of security, perceived ease of use and service quality affect consumer satisfaction among DANA e-wallet users in Bandar Lampung City Islamic Business Perspective?. This research uses quantitative methods, the population in this research is DANA e-wallet users in Bandar Lampung City. The sampling technique is using purposive sampling technique, the sample size is 100 respondents using the Lemeshow formula. The data analysis method used is multiple linear regression analysis using SmartPLS version 4 software. The data analysis tests used are validity test, reliability test and hypothesis test. The results of this research are (1) perceived security has a negative and insignificant effect on consumer satisfaction of DANA e�wallet users in Bandar Lampung City, (2) perceived ease of use has a positive and significant effect on consumer satisfaction of DANA e�wallet users in Bandar Lampung City, (3) service quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction of DANA e�wallet users in Bandar Lampung City, (4) From an Islamic business perspective on security perceptions, perceived ease of use and service quality have an effect on consumer satisfaction, namely not behaving wastefully (isyraf), do not waste wealth without use (tabzir), stop consuming when you reach satisfaction. Keywords : Perceived Security, Perceived Ease of Use, Service Quality, DANA E-Wallet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:17
Last Modified: 11 Jul 2024 09:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33884

Actions (login required)

View Item View Item