PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA WARALABA INTERNASIONAL DI TENGAH KONFLIK PALESTINA (Studi Pada Konsumen McDonald’s Di Kota Bandar Lampung)

Gusthia, Wahyuni (2024) PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA WARALABA INTERNASIONAL DI TENGAH KONFLIK PALESTINA (Studi Pada Konsumen McDonald’s Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK GUSTHIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Konflik antara Israel dan Palestina, yang berakar dalam sengketa sejarah atas tanah dan identitas nasional di wilayah Timur Tengah, telah menjadi salah satu konflik terpanjang dan paling rumit dalam sejarah dunia modern. Boikot produk merupakan fenomena yang telah menarik perhatian dunia, terutama dalam konteks konflik antara Israel dan Palestina. Sebagai salah satu merek makanan cepat saji terbesar di dunia, McDonald's telah menjadi sasaran boikot oleh sejumlah kelompok dan individu yang menentang kebijakan dan praktik perusahaan yang dianggap terlibat dalam konflik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran relasional dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada waralaba internasional di tengah konflik palestina. Penelitian ini berjenis metode penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan skala likert yang disebarkan kepada konsumen McDonald's sebanyak 100 responden melalui google form yang diuji menggunakan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menyebutkan variabel pemasaran relasional (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Sedangkan untuk hipotesis yang kedua (X2) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). dapat disimpulkan dari hasil uji bahwa variabel Pemasaran relasional dan citra merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci : Pemasaran Relasional, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan iii ABSTRACT The conflict between Israel and Palestine, deeply rooted in historical disputes over land and national identity in the Middle East, has become one of the longest and most complex conflicts in modern world history. Product boycotts have emerged as a phenomenon that has captured global attention, particularly in the context of the Israel�Palestine conflict. As one of the largest fast-food brands in the world, McDonald's has been targeted for boycotts by various groups and individuals opposing the company's policies and practices perceived as being involved in the conflict. This study aims to analyze the influence of relational marketing and brand image on customer loyalty in international franchises amidst the Palestine conflict. The research employs an exploratory research method with a quantitative approach, utilizing purposive sampling techniques and a Likert scale distributed to 100 McDonald's consumers via Google Forms, tested using IBM SPSS Statistics 26. The results of the study indicate that the relational marketing variable (X1) does not have a positive and significant effect on customer loyalty (Y). However, the second hypothesis (X2) shows that Brand Image has a positive and significant effect on customer loyalty (Y). It can be concluded from the test results that the variables of Relational Marketing and Brand Image simultaneously have a positive and significant influence on customer loyalty. Keywords: Relational Marketing, Brand Image, Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:13
Last Modified: 11 Jul 2024 09:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33883

Actions (login required)

View Item View Item