PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOSIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Perusahaan pertambangan yang Terdaftar di ISSI Periode 2017-2021)

MUHAMMAD, ARIF (2024) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOSIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Perusahaan pertambangan yang Terdaftar di ISSI Periode 2017-2021). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MUHAMMAD ARIF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena kasus di Indonesia terkait permasalahan yang muncul dikarenakan perusahaan dalam melaksanakan operasinya kurang memperhatikan kondisi lingkungan dan sosial di sekitarnya, khususnya perusahaan yang aktivitasnya berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam. Nilai perusahan sangat penting karna dapat mempengauhi persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan. Islamic Social Reporting merupakan sistem pelaporan kinerja sosial perusahaan-perushaan yang menjalankan kegiatan bisnisnya dengan prinsip syariah. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah Ukuran Perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan? Apakah ISR memoderasi pengaruh Ukuran Perusahaan dan profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. untuk mengetahui apakah isr memoderasi ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan berupa data sekunder (berupa data panel). Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di ISSI dengan sampel penelitian data laporan keuangan publikasi tahunan dari tahun 2017-2021. Metode analisis data adalah analisis regresi data panel menggunakan program komputer SPSS22. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel ISR dapat memediasi ukuran perusahaan ke nilai perusahaan. Ukuran perusahaan dihitung LN Total aset, nilai perusahaan dinilai menggunakan PBV. Islamic Social Reporting mampu memoderasi hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, yang mana moderasinya memperkuat hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Ukuran perusahaan, Profitabilitas, nilai perusahaan Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:32
Last Modified: 14 Jun 2024 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33612

Actions (login required)

View Item View Item