IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI SMPN 2 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

NOVZIAH, MAWADDA (2024) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI SMPN 2 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL TESIS NOVZIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI SMPN 2 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter yang dinilai sangat penting diterapkan sejak usia dini karena pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan suatu nilai, sikap dan perilaku yang mencerminkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur. Salah satu nilai dalam pendidikan karakter adalah nilai religius. Nilai religius tersebut adalah nilai yang dipandang bisa membentengi siswa dari nilai-nilai yang lain. Melihat permasalahan tersebut maka perlu adanya beberapa terobosan yang salah satunya dapat dilakukan melalui nilai karakter religius sejak dini yang diterapkan di sekolah seperti kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka memiliki peranan penting dalam proses pembentukan karakter religius terhadap peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitain kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: Membentuk nilai karakter religius dalam kegiatan pramuka salah satunya dengan kegiatan berdo‟a sebelum dan sesudah kegiatan. Karena dengan do‟a merupakan kegiatan yang dilaksanakan salah satunya untuk menanamkan nilai karakter religius, Sholat berjama‟ah, dan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan. Karena dalam ajaran agama Islam menjaga kebersihan menjadi suatu kewajiban dan sebuah syarat untuk melaksanakan ibadah. Kata Kunci : Implementasi, Nilai Karakter Religius, Kegiatan Pramuka viii ABSTRACT IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI SMPN 2 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN This research is based on the characters which are considered very important to be implemented from an early age because character education is an educational process that aims to develop a value, attitude and behavior which represent the noble moral or character. One of the values in character education is religious values. Religious values are considered to be able to fortify students from other values. Recognizing this issue, there needs to be several breakthroughs, one of which can be done through religious character values applied in schools from an early age, such as scouting activities. Scouting activities play an important role in the process of shaping religious character in students. The type of research used is descriptive qualitative research. The data collection techniques employed include semi-structured interviews, non-participant observation, and documentation. Data analysis is carried out through data collection, data presentation, and drawing conclusions. Data validity is ensured through source triangulation and technique triangulation. The results of this research are as follows: Forming religious character values in scout activities, one of which is through praying before and after the activities. Prayer is conducted as a means to instill religious character values. Additionally, congregational prayers and activities to maintain environmental cleanliness are implemented. In Islamic teachings, cleanliness is considered an obligation and a prerequisite for performing worship. Keywords: Implementation, Religious Character Values, Scout Activities ix خالصة تطجٛك لٛى انشخصٛخ انذُٛٚخ فٙ األَشطخ انكشفٛخ فٙ انًذرسخ اإلػذادٚخ انثبَٛخ جبتٙ أجَٕج اليجَٕج سٛالتبٌ إٌ انذافغ ٔراء ْذا انجحث ْٕ انشخصٛخ انتٙ تؼتجز يٍ انًٓى جذا تُفٛذْب يُذ سٍ ً يجكزح ألٌ تزثٛخ انشخصٛخ ْٙ ػًهٛخ تزثٕٚخ تٓذف إنٗ تًُٛخ انمٛى ٔاالتجبْبد ٔانسهٕكٛبد انتٙ تؼكس األخالق انُجٛهخ أٔ انشخصٛخ انُجٛهخ .يٍ انمٛى فٙ تزثٛخ انشخصٛخ انمٛى انذُٛٚخ ْ.ذِ انمٛى انذُٛٚخ ْٙ انمٛى انتٙ ُٚظز إنٓٛب ػهٗ أَٓب تحًٙ انطالة يٍ انمٛى األخزٖ ٔ.ثبنُظز إنٗ ْذِ انًشكهخ، ُْبن حبجخ إنٗ ػذح إَجبساد، ًٚكٍ تحمٛك أحذْب يٍ خالل لٛى انشخصٛخ انذُٛٚخ انًجكزح انتٙ ٚتى تُفٛذْب فٙ انًذارس يثم األَشطخ انكشفٛخ . نألَشطخ انكشفٛخ دٔر يٓى فٙ ػًهٛخ تكٍٕٚ انشخصٛخ انذُٛٚخ نذٖ انطالة. َٕع انجحث انًستخذو ْٕ انجحث انُٕػٙ انٕصف،ٙ فٙ حٍٛ تستخذو تمُٛبد جًغ انجٛبَبد انًمبثالد شجّ انًُظًخ ٔانًالحظخ ٔانتٕثٛك غٛز انًشبرك.ٍٛ ٔتى تحهٛم انجٛبَبد ثبستخذاو خطٕاد جًغ انجٛبَبد، ٔػزض انجٛبَبد، ٔاستخالص انُتبئج. ٚتى انتحمك يٍ صحخ انجٛبَبد ػٍ طزٚك تثهٛث انًصذر ٔانتثهٛث انف.ُٙ ٔيٍ َتبئج ْذا انجحث يب ٚه:ٙ تكٍٕٚ لٛى انشخصٛخ انذُٛٚخ فٙ األَشطخ انكشفٛخ، ٔيُٓب انصالح لجم انُشبط ٔثؼذ.ِ ألٌ انصالح َشبط ٚتى انمٛبو ث،ّ ٔيُّ غزس انمٛى انذُٛٚخ، ٔصالح انجًبػخ، ٔأَشطخ نهًحبفظخ ػهٗ َظبفخ انجٛئخ. ألٌ انًحبفظخ ػهٗ انُظبفخ فٙ تؼبنٛى اإلسالو ٔاجت ٔشزط ألداء انؼجبدح. انكهًبد انًفتبحٛخ: انتُفٛذ، لٛى انشخصٛخ انذُٛٚخ، األَشطخ انكشف

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:58
Last Modified: 12 Jun 2024 13:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33596

Actions (login required)

View Item View Item