P E N G A R U H P E N G G U N A A N M E D I A P E M B E L A J A R A N F IS IK A B E R B A S IS WEB MICROSOFT SWAY TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA

Nur, Aini (2024) P E N G A R U H P E N G G U N A A N M E D I A P E M B E L A J A R A N F IS IK A B E R B A S IS WEB MICROSOFT SWAY TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2 , DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Nur Aini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika berbasis Web Microsoft Sway terhadap literasi sains siswa pada mata pelajaran fisika kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X C sebagai kelas eksperimen dan X D sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa test soal pilihan ganda. Instrumen test dalam bentuk pilihan ganda mengukur kemampuan literasi sains siswa yakni pada aspek kompetensi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi sains siswa saat pretest pada kelas eksperimen menghasilkan rata-rata sebesar 40,74 dan di kelas kontrol dengan rata-rata 40,37. Kemudian saat posttest rata-rata kelas eksperimen 72,59 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 52,59 sehingga memperoleh nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,53 dengan kriteria sedang dan di kelas kontrol memperoleh nilai N-gain sebesar 0,17 yang termasuk dalam kriteria rendah. Dari perhitungan uji hipotesis yaitu uji-t diketahui bahwa nilai signifikansi (sig 2-tailed) adalah 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (sig 0.000 < 0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika berbasis Web Microsoft Sway terhadap literasi sains siswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika berbasis Web Microsoft Sway terhadap literasi sains siswa berdasarkan hasil uji-t dan adanya peningkatan kemampuan literasi sains siswa berdasarkan bukti antara data pretest dan posttest. Kata kunci: Media Pembelajaran, Web Microsoft Sway, Literasi Sains iv ABSTRACT This study aims to determine whether there is an influence of the use of Microsoft Sway Web-based physics learning media on students' science literacy in grade X high school physics subjects. This research is an Experimental Quasy research using quantitative methods. The type of research used was the Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. The subjects in this study were students of class X C as an experimental class and X D as a control class. Data collection instrument in the form of multiple-choice. Test instruments in the form of multiple choice measure students' science literacy, namely in the aspect of competence. The results of this study showed that students' science literacy skills during the pretest in the experimental class resulted in an average of 40.74 and in the control class with an average of 40.37. Then during the posttest the average experimental class was 72.59 while the average control class was 52.59 so that it obtained an N-gain value in the experimental class of 0.53 with medium criteria and in the control class obtained an N-gain value of 0.17 which was included in the low criteria. From the calculation of the hypothesis test, namely the t-test, it is known that the significance value (sig 2-tailed) is 0.000, the value issmaller than 0.05 (sig 0.000 < 0.05), then H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence on the use of Microsoft Sway Web-based physics learning media on student science literacy. This study can be concluded that there is an influence of the use of Microsoft Sway Web-based on the results of the t test and an increase in students’ science literaty skills based on evidence between pretest and posttest data. Keywords: Learning Media, Microsoft Sway Web, Science Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 03:43
Last Modified: 29 May 2024 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33398

Actions (login required)

View Item View Item