PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2018-2022)

Rivani, Septia Ningsih (2024) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2018-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIVANI SEPTIA NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Islamic corporate social responsibility (ICSR) merupakan tanggung jawab sosial perusahaan yang merupakan sebuah konsep CSR yang menekankan pada pendekatan kerohanian sebagai dasar dari kewajiban perusahaan untuk memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar. Profitabilitas merupakan suatu kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan (laba) dari aktivitas bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ICSR dan profitabilitas terhadap reputasi perusahaan sektor Farmasi yang terdaftar di Indeks Saham Syar’iah Indonesia (ISSI) pada periode 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data yang diperoleh yaitu dari laporan keuangan perusahaan sektor Farmasi yang terdaftar di Indeks Saham Syar’iah Indonesia (ISSI) pada periode 2018-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel islamic corporate social responsibility berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Perusahaan yang menjalankan pengungkapan ICSR dengan baik sesuai aturan yang sudah ditentukan oleh badan hukum maka perusahaan akan mendapatkan penilaian secara positif dari stakeholder, lebih diakui keberadaannya serta dapat meningkatkan reputasi perusahaan. Islam menyatakan bahwa memberikan perhatian lebih untuk kelestarian alam sekitar agar tidak dirusak dan tidak dicemari lingkungannya. Segala usaha, baik bisnis atau bukan harus menjaga kelestarian alam sekitar selamanya sebagaimana tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 205. Variabel profitabilitas berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Profitabilitas menunjukkan semakin tinggi laba yang dihasilkan suatu perusahaan dianggap sinyal positif oleh investor terkait kinerja perusahaan yang semakin baik sehingga dapat meningkatkan reputasi perusahaan. Secara simultan variabel islamic corporate social responsibility dan profitabilitas bersama�sama berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Suatu perusahaan mampu dalam meningkatkan reputasi perusahaan dengan adanya kegiatan ICSR dan peningkatan laba yang tinggi. Kata Kunci : Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), Profitabilitas, Reputasi Perusahaan.ABSTRACT Islamic corporate social responsibility (ICSR) is a corporate social responsibility which is a CSR concept that emphasizes a spiritual approach as the basis of the company's obligation to have social responsibility towards the surrounding environment. Profitability is a company's ability to generate profits (profits) from its business activities. This study aims to determine the influence of Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) and Profitability on the reputation of Pharmaceutical sector companies listed on the Indonesian Shar'iah Stock Index (ISSI) in the 2018-2022 period. The method used in this study is a quantitative approach. The type of data used in this study is secondary data. The data obtained is from the financial statements of Faramasi sector companies listed on the Indonesian Shar'iah Stock Index (ISSI) in the 2018-2022 period. The sampling technique uses Purposive Sampling with a sample of 70 companies. The data analysis used was multiple linear regression. The results of this study show that the variable Islamic corporate social responsibility affects the company's reputation. Companies that carry out ICSR disclosure properly according to the rules determined by legal entities will get a positive assessment from stakeholders, be more recognized for their existence and can improve the company's reputation. Islamic states that paying more attention to the preservation of the environment so that it is not damaged and not polluted by the environment. All businesses, whether business or not must preserve the environment forever as stated in surah Al-Baqarah verse 205. Variable Profitability affects the company's reputation. Means Profitability shows that the higher the profit generated by a company is considered a positive signal by investors related to the company's better performance so that it can increase the company's reputation. Simultaneously, the variables Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) and Profitability together affect the company's reputation. This means that the company is able to improve the company's reputation, with ICSR activities and high profit increases. Keywords: Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), Profitability, Corporate Reputation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 04:04
Last Modified: 28 May 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33374

Actions (login required)

View Item View Item