ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (Studi Pada Toko Kue & Roti Yussy Akmal Bandar Lampung)

Muhamad, Ferdyan Nugraha (2024) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (Studi Pada Toko Kue & Roti Yussy Akmal Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FERDIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu indikator yang menentukan berhasil tidaknya suatu aktifitas pemasaran dari suatu produk dapat dilihat dari besarnya tingkat penjualan yang telah dicapai perusahaan dalam suatu periode berikutnya. Dalam menjalankan bisnisnya, Toko Kue dan Roti Yussy Akmal menggunakan strategi bauran pemasaran yang menarik, yaitu memanfaatkan platform bisnis digital seperti media sosial dan e�commerce untuk menjual produknya. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Toko Kue dan Roti Yussy Akmal Perspektif Pemasaran Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Toko Kue dan Roti Yussy Akmal Menurut Perspektif Pemasaran Syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif yang meliputi ; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Toko Kue & Roti Yussy Akmal menerapkan strategi bauran pemasaran 4P yaitu : Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi telah sesuai dengan pemasaran syariah, dimana setiap indicator tersebut telah mengandung unsur 7P didalam pemasaran syariah, yaitu Pragmatism and Product, Pertinence and Promotion, Palliation and Price, Peer-support and People, Pedagogy and Physical environment, Persistence and Process, dan Patience and Perseverance. Selain itu dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Kue & Roti Yussy Akmal telah sesuai dengan prinsip Etika Bisnis Islam yaitu Siddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh Kata Kunci : Strategi, Bauran Pemasaran, Pemasaran Syariah. ABSTRACT One indicator that determines the success or failure of a product's marketing activities can be seen from the level of sales that the company has achieved in the following period. One of the most successful and well-known businesses in the culinary field in Bandar Lampung is Yussy Akmal's Cake & Bread Shop. In running its business, Toko Kue dan Roti Yussy Akmal uses an interesting marketing mix strategy, namely utilizing digital business platforms such as social media and e-commerce to sell its products. The formulation of the problem in the study is how the Implementation of the Marketing Mix Strategy in Increasing Sales Turnover at Yussy Akmal's Cake and Bread Shop in the Perspective of Sharia Marketing. This study aims to analyze the Marketing Mix Strategy in Increasing Sales Turnover at Yussy Akmal's Cake and Bread Shop According to Sharia Marketing Perspectives. This type of research is field research and is included in qualitative descriptive research using primary and secondary data. The data collection techniques used are observation, interview, and documentation methods. The data analysis technique in this study uses data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that Yussy Akmal's Cake & Bread Shop implements a 4P marketing mix strategy, namely: Product, Price, Location, and Promotion are in accordance with sharia marketing, where each indicator contains the 7P elements in sharia marketing, namely Pragmatism and Product, Pertinence and Promotion, Palliation and Price, Peer-support and People, Pedagogy and Physical environment, Persistence and Process, and Patience and Perseverance. In addition, the marketing strategy carried out by Yussy Akmal's Cake & Bread Shop is in accordance with the principles of Islamic Business Ethics, namely Siddiq, Amanah, Fathanah, and Tabligh. Keywords: Strategy, Marketing Mix, Sharia Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2024 07:08
Last Modified: 22 May 2024 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33337

Actions (login required)

View Item View Item