PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN DAYA JUAL PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Sinar Banten Kec. Talang Padang Kab. Tanggamus)

M., Hakim Pratama (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN DAYA JUAL PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Sinar Banten Kec. Talang Padang Kab. Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. HAKIM PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh variabel independen kualitas produk dan strategi pemasaran berbasis TIK terhadap variabel dependen peningkatan daya jual produk. Di dalam penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan internet dalam proses penjualan UMKM yang terjadi peningkatan. Para pelaku UMKM di dorong untuk memakai strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Pemasaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan banyak peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan pasar mereka dalam meningkatkan daya jual produk. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif dengan sampel sebanyak 80 pelaku UMKM di Desa Sinar Banten Kec. Talang Padang Kab. Tanggamus. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural equation modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan mengolah data dilakukan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan daya jual produk dengan nilai T-statistik 2.121 > 1.66488 dan P value 0.034 < 0.05 dan strategi pemasaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan daya jual produk dengan nilai T-statistik statistik 6.709 > 1.66488 dan P value 0.000 < 0.05. Dalam perspektif ekonomi Islam, Allah mengizinkan seseorang untuk menggunakan strategi yang baik untuk memperoleh tujuan yang ingin diraih. Salah satu strategi pemasaran yang tepat digunakan yaitu dengan memanfaatkan teknologi sesuai dengan syariat islam serta memastikan suatu barang dengan kualitas yang sempurna sebagaimana Allah menciptakan semua yang ada dilangit dan bumi dengan kualitas yang sangat sempurna. Kata kunci : Kualitas Produk, Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Peningkatan Daya Jual Produk. ABSTRACT This research aims to test and analyze the influence of the independent variables product quality and TIK-based marketing strategies on the dependent variable of increasing product selling power. This research describes how the use of the internet in the MSME sales process has increased. MSME players are encouraged to use appropriate and effective marketing strategies. Information, Communication and Technology based marketing has provided many opportunities for MSME players to be able to develop their markets and increase the selling power of products. This research uses a quantitative approach method with a sample of 80 MSME actors in Sinar Banten Village, District. Talang Padang District. Tanggamus. The data analysis method uses SEM (Structural equation modeling) using Partial Least Square (PLS) and data processing is carried out using SmartPLS 3 software. The research results show that the product quality variable has a positive and significant effect on increasing product selling power with a T-statistic value of 2.121 > 1.66488 and a P value of 0.034 < 0.05 and Information, Communication and Technology based marketing strategies have a positive and significant effect on increasing product selling power with a T-statistic value of 6.709 > 1.66488 and a P value of 0.000 < 0.05. In an Islamic economic perspective, Allah allows someone to use good strategies to achieve the goals they want to achieve. One marketing strategy that is appropriate to use is by utilizing technology in accordance with Islamic law and ensuring that goods are of perfect quality as Allah created everything in the heavens and earth with perfect quality. Keywords: Product Quality, Marketing Strategy Based on Information, Communication and Technology (TIK) and Increasing Product Selling Power.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2024 02:42
Last Modified: 16 May 2024 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33247

Actions (login required)

View Item View Item