Hapsyah, Dina Rahmawati (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (35MB) |
Abstract
Keterampilan Berpikir kritis adalah kemampuan seseorang yang digunakan dalam kegiatan mental seperti memecahkan masalah, memberikan penjelasan sederhana, mengambil keputusan, menganalisis asumsi, mampu bersosialisasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain Pre-eksperimental yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 19 Bandar Lampung yang berjumlah 15 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, selanjutnya data di analisis menggunakan uji paired sample t test dengan diperoleh (df) 14 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 1,761, maka thitung ≥ ttabel (25,875 > 1.761) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan keeterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling Bimbingan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 02:47 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 02:47 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3264 |
Actions (login required)
View Item |