PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS WEB UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Febrianti, Anissa Fitri (2018) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS WEB UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (45MB)

Abstract

Perkembangan teknolologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini telah mempengaruhi bidang kehidupan. Hampir semua peserta didik memiliki gadget untuk mengakses internet. Fasilitas disekolah pun sudah memadai seperti laboratorium komputer dan wifi. Pada kenyataannya, fasilitas tersebut belum di manfaatkan dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran biologi. Guru hanya menggunakan buku teks sebagai bahan ajar dan slide power point sebagai media pembelajaran sehingga minat belajar peserta didik terhadap pelajaran biologi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul biologi berbasis web untuk mendukung pembelajaran interaktif dan mengetahui kelayakan produk modul biologi berbasis web untuk mendukung pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg & Gall. Penelitan ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Bandar Lampung dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi . Instrument yang digunakan berupa angket yaitu skala penilaian untuk mengetahui kualitas produk yaitu menggunakan skala Likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk checklist. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi oleh ahli media menperoleh persentase sebesar 92,38%, oleh ahli materi sebesar 82,31%, oleh ahli bahasa sebesar 90,76% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”. Validasi juga dilakukan oleh guru dengan persentase mencapai 93,16% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”. Kemudian produk di uji coba melalui 2 tahap yaitu uji coba skala terbatas dan uji coba lebih luas. Hasil rata-rata yang diperoleh yaitu 85,70% untuk uji coba skala terbatas dan 87,78% untuk uji coba lebih luas sehingga modul biologi berbasis web untuk mendukung pembelajaran interaktif memiliki kriteria interpretasi sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Feb 2018 01:56
Last Modified: 05 Feb 2018 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item View Item