IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT – DISCUSS – EXPLAIN – OBSERVASI – DISCUSS - EXPLAIN) UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI FISIKA DI SMK BLK BANDAR LAMPUNG

Fiani, Okta (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT – DISCUSS – EXPLAIN – OBSERVASI – DISCUSS - EXPLAIN) UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI FISIKA DI SMK BLK BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran PDEODE dapat meremediasi miskonsepsi fisika pada peserta didik. Penelitian ini berlatar belakang adanya pendidik yang kurang tepat dalam memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga mengakibatkan miskonsepsi siswa tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TD SMK BLK Bandar Lampung dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik purposive Sampling yakni kelas eksperimen (XI TD I) yang diterapkan strategi pembelajaran PDEODE dan kelas kontrol (XI TD II) yang diterapkan strategi pembelajaran konvensiaonal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes (pretest dan postest). Penelitian ini berjudul implementasi pembelajaran PDEODE untuk meremediasi miskonsepsi fisika. Berdasarkan hasil analisis persentase penurunan miskonsepsi peserta didik kelas eksperimen 44,6% lebih besar dibanding kelas kontrol yang hanya 21,42% ditujukkan dengan hasil uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa sig (2-tailed) < 0,05 (0,010<0,05) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan miskonsepsi menggunakan strategi pembelajaran PDEODE pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan strategi pembelajaran PDEODE berpengaruh dalam meremediasi miskonsepsi pada materi suhu dan kalor pada siswa kelas XI SMK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2018 03:10
Last Modified: 02 Feb 2018 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item View Item