PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI TATA SURYA

Sari, Liawati Permata (2018) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI TATA SURYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_LIA_PERMATASARI.pdf] PDF
Download (11MB)

Abstract

pbook pada materi Tata Surya, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran Scrapbook pada materi Tata Surya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model Brog and Gall dengan tujuh tahapan. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Raden Intan Lampung, SMPN 21 Bandar Lampung, SMPN 13 Bandar Lampung, dan Mts Muhammadiyah Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Desain media yang sesuai dengan karakteristik peserta didik salah satunya adanya unsure kreatifitas dan media yang menarik sehingga saat melakukan pembelajaran dapat membangkitkan motivasi peserta didik. Hasil kelayakan media berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi termasuk dalam kriteria sangat baik. Serta hasil respon guru dan peserta didik melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan memperoleh penilaian dengan kriteria sangat baik. Media pembelajaran Scrapbook pada materi Tata Surya secara keseluruhan memperoleh penilaian yang termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Scrapbook, Tata Surya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2018 07:28
Last Modified: 01 Feb 2018 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3122

Actions (login required)

View Item View Item