PENGEMBANGAN MEDIA BERBENTUK INFOGRAFIS SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS X

SARI, EKA PUSPITA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BERBENTUK INFOGRAFIS SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGAP_EKA_FIKSS.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan media infografis yang dikembangkan pada mata pelajaran fisika SMA kelas X; (2) Mendapatkan respon positif dari peserta didik terhadap media infografis yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan mengikuti model pengembangan Borg and Gall yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk namun pada penelitian ini pada tahap revisi produk sudah tidak dilaksanakan revisi karna dari hasil uji coba produk dikatakan kemenarikannya tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi produk dan angket respon peserta didik. Validasi media infografis dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, infografis yang dikembangkan diuji cobakan kepada 45 peserta didik kelas X di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Gajah Mada Bandar Lampung dan SMA Peintis 1 Bandar Lampung, dimana dari jumlah peserta didik dilakukan uji coba kelompok kecil yang berjumlah 15 peserta didik dan kelompok besar yang berjumlah 30 peserta didik. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan deskriptif kualitatif untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media infogrfis layak digunakan, terbukti dengan penilaian oleh ahli materi yang mendapatkan nilai rata-rata 88.4% dengan katagori “sangat baik”, penilaian oleh ahli media yang mendapatkan nilai rata-rata 87.9% dengan katagori “sangat layak”. Uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 15 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87.8% dan 85.6% pada uji coba lapangan yang dilakukan kepada 30 peserta didik. Respon guru fisika mendapat nilai rata-rata 97.4% dengan kategori “baik”. Pada tahap uji coba ini peserta didik memberikan respon positif terhadap media berbentuk infografis sebagai penunjang pembelajaran fisika SMA kelas X. Kata Kunci: Penelitian pengembangan, Borg and Gall, Infografis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:46
Last Modified: 24 Jan 2018 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item View Item