PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. SWASTA MATLA’UL ANWAR GISTING KABUPATEN TANGGAMUS

Okta Fitriyani , Laila (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. SWASTA MATLA’UL ANWAR GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. SWASTA MATLA’UL ANWAR GISTING KABUPATEN TANGGAMUS Oleh: Laila Okta Fitriyani Pada era informasi sekarang ini, kemampuan keterampilan proses sains menjadi kemampuan yang sangat diperlukan sebagai salah satu kompetensi yang harus dipelajari dalam pelajaran fisika. Namun demikian, dalam pembelajaran fisika yang terdapat di sekolah belum banyak memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh keterampilan proses sains peserta didik menggunakan model project based learning (PjBL). Penelitian dilakukan di MTs. Swasta Matla’ul Anwar Gisting. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains, dalam bentuk non tes berupa lembar observasi dan tes berupa pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian data yang dihitung dengan uji-t, dari nilai postest menunjukkan bahwa thitung = 4,969 lebih besar ttabel(0,05) = 2,001 sehingga thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya terdapat pengaruh keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan pembelajaran melalui model project based learning (PjBL). Berdasarkan hasil nilai rata-rata persentasi keterampilan proses sains yang diukur dengan lembar obsevasi sebesar 79,37% dengan kategori baik, serta indikator tertinggi pada kelas eksperimen yaitu mengamati sebesar 85,41% dan keterampilan proses sains yang terendah adalah hipotesis yaitu sebesar 75%. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Model Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:52
Last Modified: 12 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item