MERI, ANJELINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA AKSARA LAMPUNG DI KELAS IV MIN 4 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran kartu huruf yang layak bagi peserta didik kelas IV serta mengentahui kualitas media kartu huruf pada materi aksara Lampung untuk meningkatkan kosakata. Jenis penelitian ini digunakan peneliti adalah Research & Development (RnD). Dari Borg and Gall yang terdiri 10 tahapan. Dalam penelitian ini hanya menggunakan 8 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain,uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Untuk mengentahui kualitas dan kelayakan produk yang dikembangkan, dilakukan validasi oleh 6 validator yaitu ahli media dari dua dosen jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, untuk ahli materi dari 1 dosen dan 1 guru yaitu dosen jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah dan Guru MIN 4 Way Kanan, dan yang terakhir validator ahli bahasa dilakukan oleh dua dosen dari jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah. Kata kunci: Media Kartu Huruf, Penguasaan Kosakata. Layak”, rata-rata nilai ahli materi 100% dengan kriteria “Sangat Layak”, untuk rata-rata nilai ahli bahasa 100% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan rata-rata nilai tenaga pendidik 95% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik pada tahap uji skala kecil adalah 82,75% dari sekolah MIN 4 Way Kanan dan uji skala besar untuk dua sekolah yaitu SD N 1 Mesir Ilir 85,4% dan SD N 1 Bumi Agung diperoleh 82,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dengan respon peserta didik yang beragam mulai dari respon yang sangat antusias hingga respon yang biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan media pembelajaran Kartu Huruf dalam meningkatkan penguasaan kosakata peseta didik kelas IV SD/MI layak digunakan dalam proses pembelajaran. Adanya langkah validasi desain untuk melihat layak atau tidak produk tersebut di uji cobakan kepada peserta didik dan memperoleh nilai rata-rata ahli media 97% dengan kriteria “Sangat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 06:37 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 06:37 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28841 |
Actions (login required)
View Item |