PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 BENGKUNAT

WATI , TINI (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 BENGKUNAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN DI SMA NEGERI 1 BENGKUNAT Oleh TINI WATI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain One Group pretest_ posttest,. Sampel dalam adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bengkunat, teknik pengambilan sampel menggunakan pspspsps, dimana kelas X1 merupakan kelas eksperimen dan kelas X2 merupakan kelas kontrol, dengan materi pengukuran. Instrument yang digunakan untuk hasil belajar adalah pilihan ganda yang sebelumnya di uji cobakan . berdasrkan hasil penelitian dan pengolahan data analisis uji t pada taraf signifikasi 0,05 di peroleh probability pada aspek memahami(C2) 0,026 < 0,05 (P < 0,05), aspek menerapkan (C3) 0,002 < 0,05 (P < 0,05) dan aspek menganalisis (C4) 0,047 < 0,05 (P < 0,05) dengan demikian diterima. Maka pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada pokok bahasan pengukuran. Kata kunci: Pendekatan saintifik, Hasil belajar, Pengukuran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:20
Last Modified: 08 Jan 2018 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2754

Actions (login required)

View Item View Item